Google Searching

Info

Jumat, 19 Maret 2010

Algoritma

Asal kata Algoritma berasal dari kata Algorism yang berati proses menghitung dengan angka Arab.Kata Algorism sendiri berasal dari seorang penulis buku Arab yang terkenal, yaitu Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa al-Khuwarizmi ( al-Khuwarizmi dibaca orang Barat menjadi Algorism). Al-Khuwarizmi menulis buku yang berjudul " Kitab Al Jabar Wal-Muqabala", yang artinya " Buku pemugaran dan pengurangan" (The book of restoration and reduction).


Perubahan dari Algorism menjadi kata Algorith muncul karena kata Algorism sering di salah artikan dengan Arithmetic, sehingga akhiran -sm berubah menjadi -thm.

Akhirnya kata Algorithm berangsur angsur dipakai sebagai metode perhitungan (Komputasi) secara umum, sehingga kehilangan makna aslinya. Dalam bahasa Indonesia menjadi ALGORITMA. Algoritma adalah gambaran dari urutan langkah langkah yang sistematis dalam menyelesaikan suatu masalah.
Suatu Algoritma yang baik dan benar harus mepunyai sifat sifat yaitu:

FINITENES (Finish)
Sebuah algoritma harus berakhir setelah melakukan sejumlah langkah tertentu.

DEFINITENESS (Definisi)
Setiap step dari Algoritma harus didefinisikan secara tepat,aksi aksi yang harus diselesaikan secra mendetail harus tertera pada masing masing kasus.

INPUT (Masukan)
Algoritma mempunyai input masukan nol atau lebih yaitu besaran awal yang diberikan sebelum algoritma dimulai.

OUTPUT (Keluaran)
Besaran yang mempunyai hubungan khusus dengan input input.

EFFECTIVENESS ( Efectif)
Semua operasi yang digunakan harus cukup mendasar dan tepat.

EFFICIENT (Efisien)
Semua operasi yang digunakan selau dikaitkan dengan dana, sumber daya yang dipakai dalam hal Algoritma yang aik sehingga mampu menyelesaikan masalah.

COMMUNICATIVE (Komunikatif)
Algoritma yang dibuat harus bisa dimengerti oleh sipembuat setelah selang beberapa waktu algoritma itu ditulis serta algoritma itu harus bisa dipergunakan oleh orang lain.


LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo