Google Searching

Info

Rabu, 16 Juni 2010

Hypertensi apakah itu ?

Pernahkan anda mendengar istilah diatas...Hypertensi atau dalam bahasa umumnya adalah darah tinggi.Dibawah ini adalah beberapa tip yang perlu di ketahui oleeh para penderita tekanan darah tinggi semoga bermanfaat bagi kita semua.
Seseorang dengan tekanan darah tinggi, mungkin ada beberapa hal perlu dievaluasi sebelum mengkonsumsi obat silahkan anda evaluasi, antara lain:

1.Faktor usia, usia anda berapa? tapi ya kalo sampe 210 mmHg, pastinya suatu kelainan.

2.Pola hidup, kalo bahasa kerennya life style, coba analisa apa saja makanan yang anda konsumsi, sebaiknya anda menghindari konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan garam. Untuk garam, menurut literatur yang pernah saya baca, seseorang dengan hipertensi maksimal mengkonsumsi garam sebanyak 2 mg/hari, itu kan sedikit banget, yah gimana kalau engga aja, pasti akan banyak membantu.

3.Lifestyle yang kedua, seberapa sering anda berolah raga, menggerakan badannya? hipertensi banyak terjadi pada seseorang dengan berat badan berlebih.

4.Lifestyle yang ketiga, bagaimana pola istirahat anda, berapa jam anda tidur sehari, apakah berkualitas?

5.Dan terakhir, bagaimana kondisi psikis anda?, apakah ada sesuatu yang sangat berat yang anda pikirkan?

Nah bila semuanya telah dievaluai dan ternyata tidak ada kelainan. sebaiknya anda mengkonsumsi obat, dengan hal-hal diatas tentunya. dan sebaiknya coba anda kontrol secara teratur, karena hipertensi seperti anda memiliki resiko yang tinggi.....

Seseorang yang mengidap penyakit darah tinggi sebaiknya mengontrol diri dalam mengkonsumsi asin-asinan garam, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk pengontrolan diet sodium/natrium ini ;

* Jangan meletakkan garam diatas meja makan
* Pilih jumlah kandungan sodium rendah saat membeli makan
* Batasi konsumsi daging dan keju
* Hindari cemilan yang asin-asin
* Kurangi pemakaian saos yang umumnya memiliki kandungan sodium

• Kandungan Potasium/Kalium Suplements potasium 2-4 gram perhari dapat membantu penurunan tekanan darah, Potasium umumnya bayak didapati pada beberapa buah-buahan dan sayuran. Buah dan sayuran yang mengandung potasium dan baik untuk di konsumsi penderita tekanan darah tinggi antara lain semangka, alpukat, melon, buah pare, labu siam, bligo, labu parang/labu, mentimun, lidah buaya, seledri, bawang dan bawang putih. Selain itu, makanan yang mengandung unsur omega-3 sangat dikenal efektif dalam membantu penurunan tekanan darah (hipertensi).

Pengobatan hipertensi biasanya dikombinasikan dengan beberapa obat;

*Diuretic {Tablet Hydrochlorothiazide (HCT), Lasix (Furosemide)}. Merupakan golongan obat hipertensi dengan proses pengeluaran cairan tubuh via urine. Tetapi karena potasium berkemungkinan terbuang dalam cairan urine, maka pengontrolan konsumsi potasium harus dilakukan.

*Beta-blockers {Atenolol (Tenorim), Capoten (Captopril)}. Merupakan obat yang dipakai dalam upaya pengontrolan tekanan darah melalui proses memperlambat kerja jantung dan memperlebar (vasodilatasi) pembuluh darah.

*Calcium channel blockers {Norvasc (amlopidine), Angiotensinconverting enzyme (ACE)}. Merupakan salah satu obat yang biasa dipakai dalam pengontrolan darah tinggi atau Hipertensi melalui proses rileksasi pembuluh darah yang juga memperlebar pembuluh darah.

Walau bagaimanapun mencegah adalah lebihbaik daripada mengobati....Perbaiki pola hidup kita menjadi pola hidup yang sehat agar terhindar dari berbagai macam panyakit....
semoga bermanfaat bagi kita semua...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo