Google Searching

Info

Kamis, 18 November 2010

Brokoli Ampuh Cegah Radang Saluran Pencernaan


Brokoli Ampuh Cegah Radang Saluran Pencernaan
Brokoli (Corbis)

Brokoli Ampuh Cegah Radang saluran pencernaan bisa menimpa siapa saja. Gejala ini biasanya ditandai dengan perut terasa panas sesudah makan atau muncul bercak darah ketika buang air besar.

Usus akan terasa sakit karena terjadi peradangan dan biasanya disertai gejala diare, muntah dan menurunnya berat badan. Untuk mengatasi hal itu, para ilmuwan telah menemukan beberapa jenis serat larut yang dapat membantu mencegah bakteri menempel pada dinding usus, sehingga mengurangi perkembangan penyakit ini.

Mereka menemukan serat larut dari pisang jenis plantain dan brokoli yang disebut sebagai makanan super. Kedua makanan tersebut memiliki kemampuan untuk melawan sel kanker dan mencegah nyeri arteri. Profesor Jonathan Rhodes, ahli gastrologi dari Liverpool University, Inggris mempublikasikan temuannya dalam The British Medical Journal.

Rhodes dan timnya mengatahui dengan melakukan percobaan tertentu. Ia menambahkan tipe dari bakteri E coli pada usus untuk dikembangbiakkan dengan sel microfold. Lalu, diuji dengan serat larut dari buah-buahan serta sayuran berbeda.

"Serat larut mungkin memiliki efek menguntungkan dengan menghalangi adhesi dari lapisan bakteri usus yang berpotensi membahayakan," kata profesor Rhodes, seperti dikutip dari Telegraph.co.uk.

Sebuah studi klinis sedang dalam proses untuk meneliti efeknya secara lebih detail pada manusia. Profesor Rhodes berpikir untuk melihat efeknya secara langsung mungkin harus makan pisang ukuran besar setidaknya setiap hari.

Sumber: VIVAnews
Jum'at, 27 Agustus 2010, 08:02 WIB
Petti Lubis, Mutia Nugraheni

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo