Google Searching

Info

Senin, 22 November 2010

Membentuk Applet Java Program


Sebuah applet adalah tipe yang spesial dari program java yang dieksekusi melalui internet. Secara khusus berjalan pada suatu web browser seperti Netscape Navigator, Mozilla, atau Microsoft Internet Explorer. Bagaimanapun juga, jika dibandingkan dengan aplikasi Java yang normal, tidak diperbolehkan mengakses applet pada komputer yang dijalankan untuk alasan keamanan. Applet ini cukup terbatas jika dibandingkan dengan aplikasi Java. Pada module ini, Anda akan mempelajari tentang membuat applet menggunakan AWT.  
Hello World Applet
Class Applet adalah sebuah subclass dari class Panel yang didefinisikan dalam AWT. Cara terbaik untuk memahami bagaimana membuat applet adalah dengan contoh. Jadi, berikut ini adalah contoh applet sederhana yang menampilkan "Hello world!".
import java.awt.*;
import java.applet.*;
/* masukkan bagian ini dalam kode html

*/
public class AppletDemo extends Applet {
public void paint(Graphics g) {
g.drawString("Hello world!", 80, 25);
}
}
Setelah proses kompilasi, usahakan menjalankan contoh ini menggunakan perintah java.Apa yang terjadi? Ingat bahwa applet adalah aplikasi java yang spesial. Mereka tidak dieksekusi menggunakan perintah java. Bahkan applet berjalan pada web browser atau menggunakan applet viewer. Untuk membuka applet melalui sebuah web browser, secara sederhana buka dokumen HTML dimana applet terintegrasi ke dalamnya
menggunakan applet HTML tag (Perintah mengeluarkan kode pada contoh Hello World). Cara lain untuk menjalankan sebuah applet adalah melalui perintah appletviewer. Untuk lebih mudahnya ikuti syntax berikut ini:

Appletviewer
Untuk menjalankan contoh applet yang dijalankan , menggunakan: appletviewer AppletDemo.java Tag HTML pada contoh yang diberikan mengindikasikan bahwa sebuah applet dibuat dengan lebar 300 pixel dan tinggi 100 pixel. Kemudian, method drawString menggambar string "Hello world!" pada posisi pixel (80,25) menghitung kebawah dari bagian kanan.
Ketika membuat sebuah applet, diharuskan meng-extend class Applet. Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, classnya dapat ditemukan dalam package java.applet. Oleh karena itu, mengimport package java.applet merupakan suatu keharusan. Juga, telah disebutkan sebelumnya bahwa class Applet adalah subclass dari class Panel. Hal ini mengimplikasikan bahwa beberapa method dari class applet ditemukan dalam class Panel. Untuk mengakses method atau field dalam class Panel atau class-class induk, diperlukan suatu aksi untuk import package java.awt .

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo