Google Searching

Info

Kamis, 22 Maret 2012

Cara Aman Melakukan Internet Banking

Bagi peretas sangat mudah untuk mencuri password Internet banking Anda dengan mengambil kode yang Anda masukan melalui keyboard. Hal itu bisa dilakukan dengan menggunakan pogram bernama Spy Ware dan Trojan Program, yang memang didesain untuk mencuri kode-kode tersebut. Lantaran kejahatan cyber terus berkembang, sangat penting bagi para pengguna Internet untuk lebih hati-hati ketimbang menyesal nantinya.

Berikut beberapa tip sederhana untuk memastikan Internet banking Anda aman.
Bagaimana program jahat masuk ke komputer?
Program tersebut masuk ketika Anda mengunduh sesuatu dan berada di komputer Anda untuk mengambil data rahasia tanpa pengetahuan Anda. Lalu, program tersebut mencuri informasi berharga, seperti password Internet banking, dan si peretas dengan mudah menggunakannya.
Menurut beberapa ahli komputer, program seperti itu biasanya mendompleng di file MP3 atau film gratisan saat diunduh.Anda tidak bisa menghapus Spy Ware atau Trojan dengan peranti lunak anti virus biasa. Sebab, beberapa program jahat itu memiliki kemampuan untuk mematikan fungsi yang ada di antivirus

Apakah virtual keypad aman?

Virtual keypad adalah aplikasi online yang menggantikan fungsi keyboard komputer Anda. Virtual keypad hanya dapat digunakan memakai mouse. Ketika Anda mengklik virtual keyboard saat melakukan net banking, monitor akan berkedip-kedip. Itu tandanya kode yang Anda masukan sudah terbaca. Anda harus menggunakan mouse untuk memasukkan password atau identitas Anda agar dikenali net banking.Beberapa bank sudah menggunakan virtual keyboard ini untuk memproteksi akun atau PIN dan password Anda dari para peretas.
Menggunakan virtual keyboard
Biasanya bank memberi pilihan kepada Anda untuk menggunakan virtual keyboard atau keyboard komputer Anda.Ketika Anda telah memasukkan user name atau log in ID, kemudian Anda diharuskan untuk menggunakan virtual keyboard dengan mengklik angka-angka yang sesuai dengan menggunakan mouse.

Virtual keypad acak
Dalam virtual keyboard acak, posisi angka-angka dalam virtual keypad terus berubah setiap kali Anda memasukkan angka.
Hal ini membuat kamera akan kesulitan untuk menangkap angka atau password yang Anda masukan.
Mengubah password sesering mungkin sangat membantu untuk memproteksi akun Internet banking Anda. Yang penting jangan membuat password yang mudah dikenali, seperti nama istri atau suami atau nama binatang peliharaan Anda.Password dengan angka-angka jauh lebih aman, apalagi bila diselingi dengan karakter seperti * atau #. Tapi angka itu jangan berupa tanggal lahir Anda.

Terakhir, gunakan selalu PC atau laptop Anda untuk melakukan transaksi. Jangan pernah melakukannya di komputer publik, seperti warnet, untuk net banking.

BERBAGAI SUMBER | FIRMAN
 TEMPO Interaktif, Jakarta -

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo