Google Searching

Info

Jumat, 14 Oktober 2011

Gigi adalah

Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki —struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi —utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, —terutama karnivora, sebagai senjata. Akar dari gigi tertutup oleh gusi. Gigi memiliki struktur —pelindung yang disebut email gigi, yang membantu mencegah lubang di gigi. Pulp dalam gigi —menciut dan dentin terdeposit di tempatnya.




Gigi merupakan bagian paling membedakan di jenis mamalia yang berbeda, dan salah satu yang bisa menjadi fosil dengan baik. Paleontologis menggunakannya untuk mengidentifikasi jenis fosil dan seringkali hubungan di antaranya. Bentuk gigi berhubungan dengan jenis makanan hewan tersebut. Misalnya herbivora memiliki banyak gigi geraham untuk mengunyah karena rumput sulit untuk dicerna. Karnivora membutuhkan taring untuk membunuh dan merobek, dan karena daging mudah untuk dicerna, maka mereka dapat menelan makanan tersebut tanpa membutuhkan geraham untuk mengunyah makanan tersebut terlebih dahulu.

Bagian-bagian gigi

tooth-anatomy Mahkota gigi atau corona (Crown) , merupakan bagian yang tampak di atas gusi. Terdiri atas:

* Lapisan email, merupakan lapisan yang paling keras.
* Tualng gigi (dentin), di dalamnya terdapat saraf dan pembuluh darah.
* Rongga gigi (pulpa), merupakan bagian antara corona dan radiks.

Leher gigi atau kolum, merupakan bagian yang berada di dalam gusi.

Akar gigi atau radiks (roots), merupakan bagian yang tertanam pada tulang rahang. Akar gigi melekat pada tulang rahang dengan perantaraan semen gigi. Semen gigi melapisi akar gigi dan membantu menahan gigi agar tetap melekat pada gusi. Terdiri atas:

* Lapisan semen, merupakan pelindung akar gigi dalam gusi.
* Gusi, merupakan tempat tumbuh gigi.

Jenis gigi

Manusia mempunyai 2 macam gigi dalam masa hidupnya, yaitu gigi susu (gigi primer) dan gigi tetap/permanen. Anak-anak mempunyai 20 buah gigi susu, yang mana akan digantikan oleh gigi tetap/permanen pada usia sekitar 13 tahun. Orang dewasa normal memiliki 32 gigi tetap/permanen. (2)

Klasifikasi jenis gigi dapat dilihat sebagai berikut :

Berdasarkan masa pertumbuhan:

* Gigi susu yaitu gigi yang tumbuh mulai usia 6 bulan. Jumlah terbanyak 20 buah.
* Gigi tetap/permanen yaitu pengganti gigi susu yang berangsur-angsur tanggal. Paling banyak berjumlah 32 buah. (1)


a. Gigi Susu (primer)

Sebagian besar anak dilahirkan tanpa gigi yang dapat terlihat (gigi berada dalam gusi). 20 gigi susu tumbuh (erupsi) secara bertahap dimulai saat bayi berusia 6 bulan sampai 1 tahun

gigi susu (primer)_FilesofDrsMed

b. Gigi tetap/permanen

Semua gigi susu akan lepas dan akan digantikan oleh 32 gigi tetap/permanen, ini terjadi secara bertahan dalam masa anak berusia 6 tahun sampai 14 tahun. Gigi terakhir (molar 3) akan bererupsi pada masa usia 17 sampai 21 tahun.

Gigi Tetap(permanen)_FilesofDrsMed

Berdasarkan bentuk:

* Gigi seri (incisivus) berfungsi menggigit atau memotong makanan.
* Gigi taring (caninus)berfungsi merobek atau mencabik makanan.
* Geraham depan (premolar) dan geraham belakang (molar) berfungsi mengunyah atau melumatkan makanan.(1)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo