Google Searching

Info

Kamis, 10 Januari 2013

Alat Pernafasan Pada Manusia


Alat Pernafasan Pada Manusia
Alat Pernafasan Pada Manusia

Setiap mahluk hidup memerlukan untuk bernafas, tak terkecuali dengan manusia. Manusia memiliki alat pernafasan yang terdiri dari Hidung, Pangkal tenggorok, batang tenggorok,dan paru paru.
Alat Pernafasan Pada Manusia

1. Hidung.
Hidung terletak dibagian wajah manusia bagian depan. Didalam hidung terdapat bulu hidung dan selaput lendir. Bulu hidung  dan selaput lendir memiliki peran atau fungsi sebagai penyaring udara dari kotoran pada saat kita menghirup udara dan mengatur kelembaban udara sebelum masuk ke paru paru.

2. Pangkal Tenggorok.
Di dalam pangkal tenggorok terdapat terdapat dua katup.
Katup pertama disebut anak tekak. Berguna sebagai penutup rongga hidung apabila sedang menelan makanan. Katup kedua berguna sebagai penutup natang tenggorok apabila makanan sedang lewat. Didalam pangkal tenggorok juga terdapat Jakun. Didalam Jakun terdapat pita suara.


Alat Pernafasan Pada Manusia

3. Batang Tenggorok
Batang tenggorok memiliki dua cabang, satu menuju paru paru kana dan satunyas lagi menuju paru paru kiri.Cabang tenggorok ini disebut dengan Bronkus. Didalam paru paru bronkus bercabang cabang lagi. Cabang bronkus ini disebut Bronkiolus. pada ujung Bronkiolus terdapat gelembung alveolus yaitu gelembung halus berisi udara.


Alat Pernafasan Pada Manusia


4. Paru paru 
Paru paru manusia terletak pada rongga dada, banyaknya dua buah yaitu paru paru kanan dan paru paru kiri. paru paru kanan lebih besar dari paru paru kiri. antara rongga dada dan rongga perut dibatasi oleh Diafragma.Udara dihiru melalui hidung dan tenggorok masuk ke paru paru. Didalam paru paru, oksigen diikat oleh alveolus. Kemudian udara dihembuskan keluar dengan membuang karbondioksida dn uap air.


Alat Pernafasan Pada Manusia

Ada dua macam pernafasan pada manusia yaitu:

a. Pernafasan Dada, yaitu sistem pernafasan dengan menggunakan bantuan otot antara tulang rusuk.
b. Pernafasan Perut, yaitu sistem pernafasan dengan menggunakan otot otot sekat rongga dada (Diafragma ).

Sumber: Berita dan Gambar dari berbagai sumber.


LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo