Google Searching

Info

Senin, 28 Januari 2013

Candi Arjuna



Kawasan Wisata Candi Arjuna
Kawasan Wisata Candi Arjuna

Kawasan Wisata Candi Arjuna merupakan kumpulan candi yang terletak dikaki pegunungan Dieng, Wonosobo, Jawa tengah, Indonesia. Kawasan Wisata Candi Arjuna berada pada ketinggian 2000 m diatas permukaan laut, memanjang arah utara-selatan sekitar 1900 m dengan lebar sepanjang 800 m. 

  
Awal penemuan Candi Arjuna.
Pada tahun 1814 seorang tentara Inggris melihat sekumpulan candi di dataran tinggi dieng, candi tersebut dalam kondisi terendam air. 

Pada tahun 1956 sekumpulan tentara Belanda dibawah pimpinan Van Kinsbergen, mengeringkan genangan air tersebut. 

Bangunan candi terdiri dari batuan andesit. Komplek candi ini kemudian dikenal dengan nama komplek candi Arjuna. Candi Arjuna ini termasuk  dalam candi peninggalan agama Hindu.
Sama seperti candi- candi lainnya dikomplek candi Arjuna ini terdiri dari 3 bagian yaitu;
1.Bhurloka
Bagian Bhurloka Ini adalah bagian bawah candi atau kaki candi. Bentuknya persegi empat. Bagian ini melambangkan manusia biasa yang masih belum bisa mengendalikan hawa nafsunya.
2.Bhuwarloka
Bagian Bhuwarloka ini adalah badan candi. Disinilah terdapat kamar kamar  tempat arca atau patung berada. Bagian candi ini melambangkan manusia yang sudah suci.
3. Swarloka
Bagian Swarloka ini adalah bagian candi yang melambangkan tempat suci, dimana para dewa bersemayam.
Nama candi Arjuna diambil dari nama tokoh pewayangan dalam kitab Mahabarata. 

Pada Komplek Wisata candi Arjuna terdiri dari lima bangunan candi yaitu;
1.      Candi Arjuna.
2.      Candi Semar
3.      Candi Sembadra
4.      Candi Srikandi
5.      Candi Puntadewa.





1.Candi Arjuna
Candi  ini atapnya tidak lancip melainkan berbentuk kubus bersusun, semakin keatas semakin mengecil. Didalamnya ada meja yang biasa menjadi tempat tampungan air dari atap candi.
2.Candi Semar
Candi  ini letaknya berhadapan dengan candi Arjuna. Didindingnya banyak terdapat lubang lubang angin. Atap candi Semar ini berbentuk limas.
3.Candi Sembadra
Candi ini bentuknya unik. Bagian kaki candi ini berbentuk segi empat. Bentuk atapnya juga persegi, seperti bentuk badan candi. Begitu pula  bentuk ukuran atapnya. Hampir sama dengan ukuran candi sembadra.
4.Candi Srikandi
Candi  ini adalah satu satunya candi di dataran tinggi Dieng yang memiliki relief tiga dewa hindu. Yaitu Dewa Wisnu, Dewa Syiwa dan Dewa Brahma.
5.Candi Puntadewa
 Candi ini bentuknya mirip dengan candi Sembadra. Didepannya terdapat patung singa.

Pada areal candi Arjuna ini terdapat sebuah sumur yang bernama sumur Sendang sedayu. Sumur ini dipercaya masyarakat sebagai sumur suci. Air sumur ini tidak pernah kering, biasanya setiap ritual upacara adat menggunakan air dari sumur ini. Salah satunnya untuk upacara pemotongan rambut gimbal.




 

Foto: Dari berbagai sumber

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo