Google Searching

Info

Selasa, 22 Januari 2013

Mengapa Tumbuhan Berwarna Hijau ?

Mengapa Tumbuhan Berwarna Hijau ?
Mengapa Tumbuhan Berwarna Hijau ?
Tumbuhan berwarna hijau karena banyak mengandung zat yang disebut dengan klorofil atau lebih dikenal dengan nama zat hijau daun.

Zat hijau daun ini sangat penting sekali bagi tumbuhan karena digunakan oleh tumbuhan untuk memasak makanannya. Untuk membuat makannnya tumbuhan memerlukan air dan kabondioksida. Air dan zat makanan didapat dengan cara diserap oleh akar pohon dari dalam tanah. sedangkan karbondioksida diambil dari udara.

Didalam batang pohon air dan karbondioksida akan diolah menjadi makanan oleh klorofil dengan bantuan sinar matahari, proses pemngolahan makanan ini disebut fotosintesis. Hasil fotosintesis berupa makanan, zat tepung atau karbohidrat dan oksigen.

Untuk zat tepung diedarkan keseluruh bagian tumbuhan antara lain digunakan untuk bertumbuh, berbunga, menghasilkan buah dan disimpan sebagai cadangan makanan. Cadangan makanan pada tumbuhan di simpan dengan berbagai cara yang berbeda antara lain: disimpan dalam Biji, Buah, Umbi dan Batang.


Mengapa Tumbuhan Berwarna Hijau ?

Contoh tumbuahan dengan  cara menyimpan cadangan makanannya:

1. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makananya pada batang pohon contohnya : Pohon Sagu dan Tebu.

2. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya pada umbinya cantohnya: Ubi jalar, Ketela Pohon, Bawang Merah, Bawang Putih, Bawang Bombay, Kentang, Wortel, Talas.

3. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya pada buah contohnya: Jeruk, Nenas,Mangga, Pisang, rambutan, Durian,

4. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya pada biji contohnya: Kacang Kedelai, Kacang Hijau, Kacang Merah dll.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo