Google Searching

Info

Senin, 11 Februari 2013

Buah Jeruk Jari Buddha (Citrus medica var. Sarcodactylis)


Buah jeruk ternyata memiliki banyak macam dn jenisnya, salah satunya adalah:

Buah Jeruk Jari Buddha (Citrus medica var. Sarcodactylis) tidak begitu terkenal di Indonesia, tetapi di beberapa daerah buah ini cukup dikenal. Seperti di Aceh disebut: Jeruk kuku macan, Sedangkan umumnya orang menyebut dengan nama Jeruk Jari Buddha. Namun di toko penjualan ramuan obat tradisional Cina, jeruk ini lebih dikenal dengan nama Hiong-i yang diterjemahkan sebagai jeruk jari Budha.
Buah Jeruk unik disebut juga sebagai jeruk sukade, karena kulit buahnya yang tebal banyak dimanfaatkan sebagai manisan, pada zaman Belanda dulu terkenal sebagai sukade.

Buah Jeruk ini memiliki kulit buah yang tebal, dengan rasanya yang pahit getir karena kandungan minyak atsiri ayng ada pada kulitnya. Sari buah jeruk ini sangat sedikit, daging buah berwarna putih dan berasa asam. Sehingga para juru masak sering menggunakannya sebagai campuran dalam salad atau bahan yang dipakai untuk melumuri ikan supaya tidak amis. Selain itu, buah ini juga kerap digunakan sebagai campuran dalam pembuatan permen, es krim, dan yoghurt untuk memberikan ’sentuhan’ asam. Jeruk unik ini di Cina maupun Jepang sering digunakan sebagai bahan untuk mengharumkan ruangan karena aroma wangi yang dihasilkannya.



 

Ini
adalah gambar "Tangan Buddha" ditanam dalam pot besar di rumah saya.Tanaman ini dapat menghasilkan buah yang cukup meski ditanam di pot.


Buah Jeruk Jari Buddha (Citrus medica var. Sarcodactylis)
Buah Jeruk Jari Buddha (Citrus medica var. Sarcodactylis)

Spesifikasi ilmiah dari pohon Jeruk Jari Buddha sebagai berikut:
Nama umum: Tangan Buddha,
Jari Buddha, Fingered Citron
Nama Ilmiah: Citrus medica var. sarcodactylis
Keluarga: Rutaceae
Paparan: matahari penuh.
Pertumbuhan
Pohon: Lambat.
Tinggi Pohon : Sekitar 6 ft tinggi.

Habitat asli:  


Daerah asal yang sebenarnya tidak diketahui, diyakini bahwa var medica Citrus. Sarcodactylis berasal dari Timur Laut India dan mungkin jeruk pertama yang dibawa ke Eropa oleh penjelajah Yunani dan Romawi.

Daun: Daun var Citrus medica. sarcodactylis
berbentuk lonjong, cabang tidak teratur dan memiliki duri  tajam. Panjang daun 4 hingga 6-inci, berwarna hijau pucat, berbentuk bulat panjang, bergerigi daun sangat aromatik bila diremas.

Bunga:
bunganya berwarna putih dengan ujung bunga berwarna sedikit merah keunguan dan beraroma wangi. Masa berbunga "Tangan Buddha" berlangsung sepanjang tahun, waktu berbunga terbanyak adalah pada musim semi dan musim gugur.

Buah: Buah var Citrus medica. sarcodactylis adalah
termasuk jenis sitrun yang memiliki bentuk  menyerupai  "jari". Pada saat masih kecil buah berwarna hijau muda setelah besar dan matang akan berubah menjadi warna kuning.

Gambar diambil sari berbagai sumber.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo