Google Searching

Info

Sabtu, 06 April 2013

Alat Music Tifa


Alat Music Tifa merupakan salah satu alat musik khas Indonesia dari Papua dan Maluku.  Ada beberapa macam jenis alat musik Tifa seperti:  Tifa Jekir, Tifa Dasar, Tifa Potong, Tifa Jekir Potong Tifa Bas

Alat musik Tifa ini bentuknya menyerupai kendang, terbuat dari kayu yang dilubangi tengahnya dan pada salah satu sisi ujungnya ditutup. Bahan yang biasa digunakan sebagai penutupnya digunakan kulit rusa, Kulit Biawak yang telah dikeringkan untuk menghasilkan suara yang bagus dan indah. Bentuknya pun biasanya dihias dengan ukiran sehingga terlihat keindahannya.

 Untuk memainkan alat musik Tifa mirip dengan alat musik gendang yaitu dimainkan dengan cara dipukul. Tifa biasanya digunakan untuk mengiringi tarian perang dan beberapa tarian daerah lainnya. Seperti Tarian tarian tradisional suku Asmat dan tari Gatsi. Tari Lenso dari Maluku yang diiringi juga dengan alat musik Totobuang.

Setiap suku di Maluku dan Papua memiliki tifa dengan ciri khas nya masing-masing. Alat musik tifa dari Maluku memiliki nama lain, seperti tahito atau tihal yang digunakan di wilayah-wilayah Maluku Tengah. Sedangkan, di pulau Aru, tifa memiliki nama lain yaitu titir. Jenisnya ada yang berbentuk seperti drum dengan tongkat seperti yang digunakan di Masjid . Badan kerangkanya terbuat dari kayu dilapisi rotan sebagai pengikatnya dan bentuknya berbeda-beda berdasarkan daerah asalnya. 

Berikut ini foto foto dari ritual pembuatan alat music Tifa dari Suku Kamoro di Bumi Papua.
( diambil dari detikTravel )

  

 Tali pengikat dipasang untuk mengencangkan ujung Tifa. Biji damar ditempelkan di kulit gendang agar suaranya makin mantap (Fitraya/detikTravel)


Tifa lantas dicoba ditabuh. Jika suaranya belum enak, kulit biawak ini dipanaskan di atas api kecil atau kayu panas (Fitraya/detikTravel)


Proses penyetelan tifa, pemanasan dan penabuhan dilakukan berulang-ulang sampai suara tabuhan Tifa terdengar enak dan pas (Fitraya/detikTravel)




Begitu ritual pemasangan Tifa selesai, Tifa langsung dipakai menari oleh para pria Suku Kamoro.
Mereka menari bersama sambil menabuh Tifa yang baru. Alat musik Tifa memang merupakan benda penting bagi banyak suku di Papua termasuk Suku Kamoro. Tifa selalu ditabuh menyertai berbagai proses upacara dan perayaan penting mereka. 

Sumber: (Fitraya/detikTravel)


LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo