Google Searching

Info

Kamis, 03 Oktober 2013

Paus atau Lodan


Paus atau Lodan
Paus atau Lodan

Paus purba telah berevolusi pada pertengahan tempo Eocene, kira-kira 50 juta tahun yang lalu. Salah satu paus terawal yang telah punah adalah Paus Basilosaurus yang mempunyai kepala kecil memiliki moncong menonjol dan bergigi. Basilosaurus mempunyai panjang 25 meter.
Paus atau lodan termasuk kedalam kelompok  mamalia yang hidup di lautan.  Paus tidak  tergolong dalam keluarga ikan meskipun sebagian orang menyebutnya dengan sebutan Ikan paus. Paus mempunyai ciri-ciri fisik sebagai berikut:

    - Berdarah panas
    - Memiliki kelenjar susu
    - Bernapas menggunakan paru-paru
    - mempunyai rambut (sedikit, kebanyakan ada di paus dewasa)
    - Memiliki jantung dengan empat ruang


Paus atau Lodan


Pada saat kini keberadaan Paus sudah semakin langka akibat dari perburuan manusia dan seleksi alam. Paus dikenal dalam dua kelompok yaitu:

          - Paus bergigi (Odontoceti) 
          - Paus tidak bergigi (Mysticeti).

Paus Odontoceti yang bergigi merupakan pemangsa yang memakan ikan, sotong, dan mamalia laut, mempunyai satu lubang pernapasan. Paus bergigi berkerabat dekat dengan lumba-lumba dan pesut. Paus tidak bergigi berukuran lebih besar daripada Paus bergigi dan mempunyai struktur yang dikenal sebagai balin yang berbentuk sikat. Struktur ini berguna untuk menyaring plankton, makanannya, di air. Paus berbalin mempunyai dua lubang pernapasan.

Kerajaan:      Animalia
Filum:           Chordata
Kelas:           Mamalia
Upakelas:     Eutheria
Ordo:            Cetacea


Paus atau Lodan
Foto: Wale.info


Paus termasuk hewan berkembang biak dengan cara melahirkan. Setelah melahirkan maka Paus akan segera menyusui anaknya. Oleh karena itu maka Paus termasuk kedalam kelompok  binatang mamalia yang hidup di lautan.

Telur hewan yang berkembang biak dengan melahirkan tidak di bungkus cangkang. Pada saat terjadi perkawinan, telur itu dibuahi oleh sel sperma hewan jantan didalam tubuh hewan betina. Telur yang sudah dibuahi oleh sperma akan berkembang menjadi calon anak ( Zigot) di dalam rahim. Setelah calon anak tumbuh sempurna, maka anak hewan itu akan dilahirkan.
Anak hewan yang telah dilahirkan akan disusui oleh induknya.

Hewan yang menyusui anaknya dinamakan Mamalia. Ada mamalia yang hidup di air yaitu hewan lumba lumba, pesut, dan ikan paus. Cara berkembang biak dengan melahirkan ini disebut Vivipar. Ada juga hewan air lainnya yang berkembang biak dengan melahirkan selain Paus yaitu Lumba-lumba

Paus atau Lodan
Paus atau Lodan

Isi dan Foto: Wikipedia dan berbagai sumber

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo