Google Searching

Budaya Betawi

Daerah provinsi Jakarta memiliki aneka Suku dan adat istiadat salah satunya adalah Suku Betawi yang merupakan suku asli daerah Jakarta. Suku Betawi sendiri terdiri dari beberapa etnis suku bangsa yang bergabung sehingga membentuk kebudayaan sendiri yaitu Budaya Betawi.

Suku Betawi sendiri berasal dari percampuran antar etnis dan bangsa dimasa lalu. Secara biologis sebagai orang Betawi adalah keturunan kaum berdarah campuran dari aneka suku dan bangsa yang didatangkan oleh Belanda ke Batavia. Kelompok etnis Betawi ini lahir dari perpaduan berbagai kelompok etnis lain yang sudah lebih dulu hidup di Jakarta, seperti orang Bali, Sumbawa, Sunda, Jawa, Arab, Ambon, Melayu dan Tionghoa.

Dengan keragaman etnis yang ada di Betawi, maka warna dan corak setiap etnis dapat terlihat dalam setiap perayaan etnis Betawi.  Contohnya seperti budaya penyalaan petasan, Lenong, Cokek, hingga pakaian pernikahan adat Betawi yang didominasi warna merah, itu semua dipengaruhi kuat oleh budaya Tionghoa. Kemudian etnis Arab sangat mempengaruhi musik gambus dalam warna musik Marawis dan Tanjidor. Tanjidor sendiri adalah perpaduan budaya Eropa, Cina, Melayu dan Arab. 

Salah satu daerah yang memiliki Musik khas adalah Kampung Tugu terkenal dengan budaya Musik Keroncong yang bersal dari Portugis. Salah satu musik khas dari kesenian Betawi yang paling terkenal adalah Gambang Kromong, dimana dalam setiap kesempatan perihal Betawi, Gambang Kromong selalu menjadi tempat yang paling utama. 

Berikut ini daftar budaya Betawi antara lain :

- Lenong
- Ondel-ondel
- Tari Japin
- Tari Cokek Betawi
- Tari Topeng betawi
- Tari Lenggang Nyai
- Gambang Kromong 

Sumber: Berita dari berbagai Media


Posting lainnya:
10 Tempat Pusat Budaya dan Kesenian di Jakarta
Budaya Betawi
Budaya dan Adat Istiadat Nusantara
Resort Hotel Terindah wajib dikunjungi
Rumah Mini dari Stik Es Krim 
Tips Kesehatan
Bird of Paradise
Lampion Unik dan Cantik
Posting semua

Info Lainnya:


Info Bisnis:






Mobile ads:





Komentar