Google Searching

Info

Minggu, 25 Mei 2014

Makanan Khas Provinsi Aceh

Nusantara tercinta ini banyak memiliki keaneka ragaman salah satunya adalah kuliner. Daerah istimewa Aceh memiliki ciri khas tersendiri dalam hal kuliner. Makanan Khas Provinsi Aceh Berikut beberapa jenis makanan khas di Provinsi Aceh :

1. Timphan
Timphan adalah kue/hidangan khas Aceh disaat lebaran/hari raya baik hari raya Idul fitri maupun Idul Adha, Timphan ini dibuat 1 atau 2 hari sebelum lebaran dan daya tahannya bisa mencapai lebih kurang seminggu,Timphan adalah menu hidangan utama buat tamu yang berkunjung kerumah saat lebaran. Bagi orang Aceh baik yang berada di Aceh sampai seluruh dunia tiada yang tidak mengenal nama kue/adonan yang satu ini,karena sudah menjadi tradisi turun temurun dan rahasia umum di Aceh bahwa yang namanya Timphan setiap ibu-ibu atau wanita di Aceh bisa membuatnya.
Timphan yang merupakan makanan lembek berbalut daun pisang muda ini yang paling terkenal adalah Timphan rasa srikaya. Sebelum menjelang lebaran bisanya ibu-ibu sudah menyiapkan daun pisang muda baik memetik di kebun atau beli dipasar. Saking terkenalnya Timphan ini di Aceh, sehingga banyak ungkapan/pribahasa dengan kata Timphan diantaranya yaitu “Uroe goet buluen goet Timphan ma peugoet beumeuteme rasa” ( Hari baik bulan baik Timphan ibu buat harus dapat kurasakan).

2. Gulai Plik U
Gulai Plik U merupakan salah satu jenis masakan yang terkenal di Aceh. Aroma dan rasanya sangat menggugah selera setiap orang yang mencicipinya. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat gulai Plik U ini adalah dari Kelapa yang telah dibusukkan dan kemudian dijemur hingga berwarna kecokelatan. Di samping itu, masih banyak bumbu-bumbu dan sayur-sayuran yang merupakan pelengkap gulai Plik U. Plik U dapat ditemui di seluruh penjuru Aceh.
Setiap daerah di Aceh memiliki cara yang berbeda dalam memasak gulai Plik U, begitu juga dengan jenis sayur-sayuran yang digunakan. Akan tetapi, kebanyakan orang Aceh Besar memilih daun Melinjo, buah Melinjo muda, Nangka muda, Pepaya muda, daun Pakis, Kacang Panjang, Jantung Pisang dan daun Jeruk. Selain itu, berbagai macam bumbu pelezat juga digunakan, seperti: cabe rawit, bawang putih, bawang merah, jahe, ketumbar, dll. Kemudian, Bumbu-bumbu tersebut digiling halus dan dimasukkan ke dalam wajan. Selanjutnya, sayur-sayuran yang telah dirajang juga dimasukkan ke dalam wajan, kemudian ditambah Santan dan Plik U serta Garam. Orang Aceh Besar juga menambahkan Siput sebagai pelengkap dan pelezat. Kuah Plik U ini dimasak sekitar dimasak sekitar 15 menit di atas api sedang.

3. Bhoi
Kue Bhoi adalah penganan khas Aceh Besar yang dikenal luas oleh masyarakat Aceh. Bentuk kue ini sangat bervariasi, seperti; bentuk ikan, bintang, bunga, dan lain-lain. Kue Bhoi ini dapat menjadikan salah satu buah tangan ketika akan berkunjung ke sanak saudara atau tetangga yang mengadakan hajatan atau pesta, seperti sunatan dan kelahiran.
Kue Bhoi juga dijadikan sebagai salah satu isi dari bingkisan seserahan yang dibawa oleh calon pengantin pria untuk calon pengantin perempuan pada saat acara pernikahan. Kue Bhoi sendiri biasanya diperoleh di pasar-pasar tradisional ataupun dipesan langsung pada pembuatnya. Proses pembuatan kue Bhoi ini pun tergolong sedikit rumit. Pasalnya, tidak semua orang bisa membuat kuliner ini dan dibutuhkan kesabaran serta keuletan.

4. Keukarah
Kue Keukarah ini merupakan kue tradisional Aceh, bentuknya unik seperti sarang burung, dengan rasanya yang manis dan garing, cocok menjadi oleh-oleh jika berkunjung kedaerah ini.  Alamat Lokasi : Sentra Produksi: Desa Lampisang, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar. Dapat dibeli dipusat pertokoan Kota Jantho. Cara Menuju Lokasi : Bisa menggunakan kendaraan umum. Kue Keukarah dibuat dari tepung beras dan di masak dengan cara digoreng. Kue ini biasanya juga menjadi antaran seserahan bagi mempelai yang menikah.

5. Ikan Masam keueng
Ikan Masam Keueng adalah masakan Aceh dengan kuah yang mempunyai rasa asam dan pedas. Alamat Lokasi : Dapat dibeli di rumah makan ataupun restoran didaerah ini, karena setiap rumah makan menyajikan menu masakan ini. Cara Menuju Lokasi : Bisa menggunakan kendaraan umum, Ikan asam keueng adalah salah satu masakan Aceh dengan rasa asam dan pedas, rasa asam karena memakai belimbing wuluh, yaitu buah yang biasanya dipakai untuk memasak lauk-pauk.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo