Google Searching

10 Hewan Tercepat di Dunia


Dimuka Bumi ini terdapat berbagai macam hewan ada yang besar dan ada pula yang kecil, mereka semua dapat bergerak atau berpindah tempat. Nah tahukah anda hewan yang mana dari semua hewan yang ada dapat tercepat dalam bergerak. Berikut ini daftar 10 Hewan Tercepat di Dunia ini meliputi Hewan yang bergerak dengan bergerak dengan Kaki (Lari dan Lompat), Sayap (Terbang), dan bergerak dengan Sirip (Berenang).

Hewan yang dapat bergerak tercepat adalah Hewan yang bergerak dengan sayapnya yaitu Burung Peregrine Falcon yang mampu terbang dengan kecepatan 389km/jam. Di darat, Hewan yang bergerak dengan kaki tercepat adalah Cheetah yang Kecepatan larinya mencapai  120km/jam. Sedangkan Hewan yang bergerak dengan sirip tercepat adalah Ikan Black Marlin dengan kecepatan berenang hingga 130km/jam.

Berikut ini adalah daftar lengkap 10 Hewan Tercepat di Dunia :

1. Peregrine Falcon
Burung Peregrine Falcon merupakan Hewan tercepat di Bumi ini, Burung Peregrine Falcon dapat terbang dengan kecepatan tertinggi hingga 389km/jam. Burung Peregrine Falcon atau Burung Alap-alap Kawah ini merupakan burung pemburu yang memiliki kemampuan menukik dengan kecepatan yang sangat tinggi dan penglihatan yang tajam sehingga mangsanya tidak diberikan kesempatan untuk melarikan diri.

2. Spine tailed Swift (Burung Kepinis Jarum)
Spine Tailed Swift atau disebut juga Needle-tailed swift atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Burung Kepinis Jarum adalah Hewan Tercepat kedua di dunia. Kecepatan terbang Burung Kepinis Jarum adalah 169km/jam dan merupakan burung pemakan serangga yang habitatnya di Hutan.

3. Frigate Bird
Burung Frigatebird mampu terbang dengan kecepatan tertingginya hingga 153km/jam. Frigate Bird umumnya hidup di Samudera yang berada di garis Khatulistiwa.

4. Black Marlin
Black Marlin merupakan Ikan Tercepat, dengan kecepatan bergeraknya mencapai 130km/jam. Ikan Black Marlin juga merupakan Ikan Terbesar dengan ukuran 4,65 meter dan berat 750kg. Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik merupakan daerah habitat bagi ikan ini.

5. Cheetah
Cheetah adalah Hewan pemburu didarat tercepat di Dunia, dengan kecepatan larinya dapat mencapai kecepatan hingga 120km/jam dengan akselerasi 0 -100km/jam dalam waktu 3,5 detik.  Benua Afrika dan Asia Selatan serta Timur Tengah merupakan habitat hidup hewan pemburu tercepat ini.

6. Sailfish (Ikan Layaran)
Ikan Sailfish memiliki sirip punggung tegak yang mirip dengan layar kapal sehingga dalam bahasa Indonesia  disebut dengan Ikan Layaran
Pada saat merasa terancam atau sedang bersemangat maka Ikan Layaran ini akan membuka sirip punggungnya lebar lebar. Kecepatan berenang yang tinggi hingga 110km/jamdapat dilakukan oleh ikan Ikan Sailfish ini. Di muka Bumi ini Ikan Sailfish terdiri dari dua sepsis yaitu Sailfish Atlantik dan Sailfish Indo-Pasifik.

7. Swordfish (Todak)
Ikan Swordfish atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Todak merupakan Ikan laut yang memiliki rahang atas dan moncongnya memanjang berbentuk seperti pedang pipih dan kuat. Dengan moncongnya yang panjang ini digunakan untuk memukul dan melukai mangsanya. Panjang moncong ini hampir sepertiga dari panjang badan Ikan Todak (Swordfish).Ikan Todak yang berbobot 650kg ini dapat berenang dengan kecepatan tinggi hingga 97km/Jam.

8. Pronghorn Antelope (Kijang Pronghorn)
Pronghorn Antelope merupakan hewan sejenis Kijang yang hidup di benua Amerika Utaran bagian Tengah dan Barat. Hewan Mamalia ini mampu berlari dengan kecepatan tinggi hingga 88,5km/jam. Sehingga Pronghorn Antelope menduduki posisi kedua hewan darat tercepat di dunia setelah Cheetah.

9. Wildebeest
Wildebeest yang hidup di Afrika bagian selatan ini menjadi salah satu hewan darat yang dapat berlari dengan kecepatan tinggi hingga mencapai 80,5km/jam. Wildebeest merupakan Hewan Mamalia pemakan Tumbuh-tumbuhan, namun Wildebeest sering menjadi mangsa hewan pemburu seperti Cheetah, Singa ataupun Anjing liar. Untuk mengindari hewan-hewan buas tersebut, Wildebeest harus berlari cepat.

10. Singa
Siraja hutan atau Singa atau dalam bahasa Inggris disebut dengan LION.  Singa yang sering dijuluki Raja dari segala pemburu ini mampu berlari dengan kecepatan hingga mencapai 80km/jam.

Dari berbagai sumber

Baca Juga:
Kelompok Hewan Vertebrata
Klasifikasi Hewan Berdasarkan Tulang Belakang (Vertebrata dan Invertebrata)
Hewan Invertebrata
Klasifikasi Hewan berdasarkan Jenis Makanannya
Klasifikasi Hewan Berdasarkan Tempat Hidup.
Klasifikasi Hewan Berdasarkan Penutup Tubuhnya
Klasifikasi Hewan Berdasarkan Cara Bergeraknya
Klasifikasi Hewan Berdasarkan Cara Berkembang Biaknya
Klasifikasi Hewan Berdasarkan Sistem Penafasan
7 Jenis Klasifikasi Hewan

Info:

Komentar