Google Searching

Info

Selasa, 01 Maret 2016

Amfiteater adalah


Amfiteáter Trebišov

Gambar Amfiteáter Trebišov 
(http://dancelife.sk/venues/amfiteater-trebisov)

Membaca berita di berbagai media hari ini mengenai rencana pemerintah daerah DKI Jakarta yang akan membangun Ruang Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dengan sembilan konsep ruang, yakni gerbang masuk, Amfiteater, jalur pedestrian, area duduk, 'fountain children playground', area piknik, area futsal, taman skateboard dan forest sculpture.

Terdapat istilah Amfiteater, sebuah kata yang jarang saya dengar apa yah artinya Amfiteater itu?.
Mau nggak mau saya harus cari artinya, menurut catatan Wikipedia Amfiteater atau ampiteater adalah sebuah gelanggang terbuka yang digunakan untuk pertunjukan hiburan dan pertunjukan seni.
Istilah kata amfiteater berasal dari bahasa Yunani kuno, ἀμφιθέατρον (amphitheatron), dari kata ἀμφί (amphi), yang berarti "di kedua sisi" atau "di sekitar", dan θέατρον (théātron), yang berarti "tempat untuk menonton".

Menurut sejarah, Amfiteater Yunani kuno dibangun membentuk setengah lingkaran, dengan tempat duduk berjenjang di sekitar area pertunjukan. Berbeda dengan Amfiteater Yunani kuno, amfiteater Romawi kuno berbentuk oval atau lingkaran dengan tempat duduk yang dibuat di sekelilingnya, serupa dengan stadion olahraga modern. 

Dengan bentuknya yang beraneka ragam Amfiteater modern memiliki bentuk seperti; amfiteater yang lokasi tempat duduk penontonnya hanya di satu sisi, amfiteater melingkar atau amfiteater yang menyerupai stadion.

Sebagai arena publik Amfiteater Romawi berbentuk lingkaran atau oval, arena ini digunakan untuk berbagai acara seperti pertempuran gladiator, perlombaan kereta kuda, [[Venatio}} (Pembantaian hewan) dan eksekusi.

Di Seluruh area Kerajaan Romawi terdapat sekitar 230 Amfiteater yang telah ditemukan .Dari fungsi, bentuk dan nama mereka, dapat dibedakan diantara teater Romawi, yang biasanya berbentuk setengah lingkaran; Hippodrome yang biasanya merupakan sirkuit yang lebih panjang didesain untuk perlombaan pacuan kuda atau pacuan kereta kuda; dan dari Stadia yang lebih kecil, yang didesain untuk olahraga (Atletik).

Amfiteater Romawi yang paling awal berasal dari pertengahan abad pertama sebelum Masehi. Amfiteater banyak dibuat pada masa Kekaisaran Romawi, sejak masa Augustan (27 SM-14M) dan seterusnya. Amfiteater kekaisaran yang terbesar yang pernah dibuat dapat menampung 40.000 hingga 60.000 penonton, dan yang paling rinci termasuk diantaranya memiliki beberapa tingkat, fasad yang beratap dan didekorasi dengan marmer, plester dan patung-patung.
Setelah berhentinya arena pertarungan gladiator pada abad ke-5 Masehi dan pembantaian hewan pada abad ke-6, kebanyakan amfiteater menjadi tidak terawat dan bahan bangunan mereka dibongkar dan didaur-ulang. Beberapa bangunan juga diratakan dan yang lainnya diubah menjadi benteng pertahanan.  Pada Beberapa tempat tetap dijadikan tempat pertemuan terbuka, tetapi dibeberapa lokasi amfiteater dijadikan lokasi gereja.

Sumber: Wikipedia.



LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo