Google Searching

Info

Sabtu, 12 Maret 2016

Pesawat Drone Adalah


Pesawat Drone
 Pesawat Drone

Akhir akhir ini kita sering mendengar istilah "Drone", sebuah nama yang banyak kita dengar baik dari Media Televisi, Internet, koran dll. Sebenarnya Drone itu apa sih..?
Berikut ini penjelasan singkat mengenai Drone yang saya rangkum dari beberapa sumber.

Drone adalah istilah populer dari pesawat tanpa awak yang dikendalikan secara remote dari jarak jauh. Menurut Wikipedia Drone atau pesawat tanpa awak merupakan:
Pesawat tanpa awak atau Pesawat nirawak (english = Unmanned Aerial Vehicle atau disingkat UAV), adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri, menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya, bisa digunakan kembali dan mampu membawa muatan baik senjata maupun muatan lainnya

Sebutan atau istilah lainnya dari pesawat tanpa awak atau Drone ini adalah remotely piloted vehicle (kendaraan yang dikendalikan jarak jauh), unmanned aircraft system, remotely piloted aircraft, remotely operated aircraft dan remote controlled aircraft (pesawat yang dikendalikan jarak jauh).
Pada awalnya hanya bidang militer dan kemaritiman yang menggunakan pesawat drone, namun seiring berkembangnya jaman, penggunannya lebih meluas ke bidang lainnya seperti: Pertanahan, Kehutanan dan Pertanian bahkan juga sebagai hobi penggemar aerial videography dan aerial photography dll. Pada perkembangan terakhir pesawat drone dikembangkan sebagai alat transportasi tak berawak guna mengantarkan / mengirimkan barang ke tujuan dengan cepat dan efisien. 

Pada era awal pengembangannya, drone hanya tersedia dalam bentuk / model pesawat terbang yang bersayap (airplane). Namun seiring perkembangan teknologi dengan adanya adanya gyroscope, wifi, GPS, maka terciptalah drone model Quadcopter yang mampu terbang vertikal, melayang ditempat, bergerak menyamping dan melakukan berbagai macam manuver terbang.

Perlu juga diketahui bahwa sebenarnya istilah “drone” lebih merujuk ke model UAV yang sudah memiliki sistem navigasi dan otomasi sehingga pada hakekatnya jika sebuah quadcopter belum memiliki sistem tersebut maka belum bisa disebut sebagai drone (AFAIK).

Jenis Jenis Drone secara umum berdasarkan bentuk. Jenis dan model drone secara umum dapat dikelompokkan berdasarkan bentuknya:
  1. Pesawat (plane, glider)
  2. Helicopter
  3. Multicopter atau multi-rotor
  4. Tiltrotor
Tipe tipe Drone berdasarkan ICAO diklasifikasikan menjadi 2 (dua), yaitu:

  1. Autonomous Aircraft: dikendalikan dan bergerak secara otomatis berdasarkan sensor, logika dan program yang ditanamkan.
  2. Remotely Piloted Aircraft: dikendalikan pilot secara remote.
Nah demikianlah penjelasan singkat mengenai drone semoga dapat menambah wawasan. Sukses.!


Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Pesawat_tanpa_awak
http://dronesia.xyz/selingan/drone-adalah/



LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo