Google Searching

Info

Rabu, 28 Desember 2016

Weedy Sea Dragon (Phyllopteryx taeniolatus),


Weedy Sea Dragon (Phyllopteryx taeniolatus),
 Weedy Sea Dragon (Phyllopteryx taeniolatus),  

Weedy Sea Dragon (Phyllopteryx taeniolatus)  atau naga laut rumput disebut demikian karena bentuk tubuhnya seperti kumpulan rumput laut, berwarna kemerahan dengan totol warna putih.  Ukuran tubuh Naga laut rumput berukuran 46 CM, sedangkan naga laut daun hanya 35 CM. Mereka mampu hidup selama 10 tahun di perairan hangat dan 12 tahun bila di perairan dingin.


Weedy Sea Dragon (Phyllopteryx taeniolatus),

Naga laut juga memiliki punggung, dada, dan sirip yang tembus pandang. Angota tubuh itu berfungsi sebagai pendorong dan pengarah gerakan naga laut. Bila naga laut berenang, akan terlihat seperti rumput laut yang sedang hanyut terbawa arus air. Naga laut memiliki moncong panjang, bentuk moncongnya seperti pipa. Moncong yang panjang ini dimiliki juga oleh kuda laut dan ikan pipa.  Moncongnya ini berguna untuk menghisap makanan agar masuk ke perut. Naga laut termasuk ikan karnivora. Mereka makan ikan kecil, lintah laut, dan udang kecil. Naga laut adalah satu-satunya ikan yang makan makanan jenis ikan Krustacea, tapi tidak memiliki gigi. 

 Weedy Sea Dragon (Phyllopteryx taeniolatus),

Gerakan Naga laut sangat lamban. Ekornya tidak dapat dipakai untuk mencengkram tumbuhan laut.  Karena gerakannya lamban, naga laut jadi mudah diserang musuhnya. Naga laut juga mudah tersapu ombak ke pantai.  Kondisi tubuh naga laut juga sangat rapuh. Sehingga para penyelam di perairan Australia diminta tidak menyentuh naga laut. Apalagi naga laut yang sedang membawa telurnya.

Meskipun memiliki tubuh yang rapuh, naga laut rumput sangat pintar bersembunyi. Itu karena tubuhnya yang berbentuk daun atau rumput laut berfungsi sebagai kamuflase. Biasanya naga laut akan bersembunyi di kumpulan tumbuhan laut (kelp) atau rumput laut. Mereka juga bisa bersembunyi meniru terumbu karang.untuk meghindari musuh yang datang.

Weedy Sea Dragon (Phyllopteryx taeniolatus),

Masa berkembang biak naga laut adalah pada bulan September-Maret. Ketika sudah siap berkembang biak, ekor pada naga laut daun akan terlihat berwarna kuning terang. Menurut penelitian ilmuwan, ketika naga laut rumput siap berkembang biak, mereka seperti melakukan tarian cermin. Memasuki bulan November dan Desember akan mulai terlihat naga laut jantan yang sedang membawa telurnya. Telur itu diberikan oleh naga laut betina yang sekali bertelur mencapai 250 butir.


Weedy Sea Dragon (Phyllopteryx taeniolatus),

Telur yang berwarna merah muda itu akan melekat di bagian ekornya yang sperti pipa. Ya, seperti kuda laut, naga laut jantan adalah bapak yang baik. Merekalah yang merawat telur calon anaknya hingga menetas selama 6-8 minggu. Sayangnya, dari 250 butir itu hanya 5 persen (12 butiran) saja yang selamat hingga menetas. Anak kuda laut yang rapuh itu akan memakan zooplankton, yang merupakan organisme kecil yang berada di laut. Baru setelah besar, mereka akan makan udang-udangan seperti orangtuanya.

Weedy Sea Dragon (Phyllopteryx taeniolatus),


Klasifikasi ilmiah Weedy Sea Dragon (Phyllopteryx taeniolatus),  
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Order: Syngnathiformes
Keluarga: Syngnathidae
Subfamili: Syngnathinae
Genus: Phyllopteryx
Spesies: P. taeniolatus 

Nama binomial: Phyllopteryx taeniolatus
(Lacepede, 1804)



Naga laut adalah hewan yang hanya ada di perairan Australia dan  berada di bawah perlindungan undang-undang khusus di Australia Selatan, karena banyak diburu untuk dijadikan obat. Habitat yang rusak juga bisa memengaruhi keberadaan naga laut.

Memiliki naga laut baik hidup maupun mati harus mendapat izin khusus dari departemen perikanan Australia. Setiap tahun, hanya satu naga laut jantan yang diperbolehkan untuk dibawa keluar dari Australia. Itu pun naga laut hasil penangkaran. Penangkaran naga laut termasuk sulit. Hewan itu baru bisa ditangkarkan di Melbourne Aquarium di Australia. Serta, Aquarium of the Pacific di California dan Tennessee Aquarium


More:


Lihat Juga:
Naga Laut (Phycodurus Eques),
Leafy sea dragon (Phycodurus eques),
Weedy sea dragon Binatang unik
Weedy Sea Dragon (Phyllopteryx taeniolatus),

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Common_seadragon
http://sourceflame.blogspot.co.id/2011/09/keindahan-hewan-langka-naga-laut-yang.html
http://www.lovethesepics.com/2013/04/60-spectacular-seahorses-and-seadragons-pics/
http://www.seahorseworlds.com/weedy-sea-dragon-phyllopteryx-taeniolatus/
http://www.todaysphoto.org/potd/large/seahorse.jpg

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo