Google Searching

Info

Senin, 06 Maret 2017

Museum Bahari Jakarta

 Museum Bahari Jakarta
Papan nama  Museum Bahari Jakarta

Dinas Kebudayaan Permuseuman Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta saat ini mengawasi delapan Museum yang salah satunya adalah Museum Bahari.
 

Bangunan Museum Bahari Jakarta
 Salah satu sisi Museum Bahari Jakarta
 
Museum Bahari yang ada di Jalan Sunda kelapa no 1 Jakarta Utara merupakan sebuah museum tempat menyimpan barang barang koleksi yang berkaitan dunia Bahari dan Nelayan bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke.


Bangunan Museum Bahari Jakarta

Bangunan Museum Bahari Jakarta

Bangunan Museum Bahari Jakarta tampak dari samping

Bangunan yang menjadi tempat Museum Bahari ini dulunya adalah gudang yang berfungsi untuk menyimpan, memilih dan mengepak hasil bumi, seperti rempah-rempah yang merupakan komoditi utama VOC untuk dijual di pasaran Eropa.


 Peta Pelabuhan Sunda kelapa museum Bahari
 Peta Pelabuhan Sunda kelapa tempo dulu di Museum Bahari

Pada masa pendudukan Belanda bangunan Meseum yang berdiri persis disamping muara sungai Ciliwung ini memiliki dua sisi, sisi barat dikenal dengan sebutan Westzijdsche Pakhuizen atau Gudang Barat (dibangun secara bertahap mulai tahun 1652-1771) dan sisi timur, disebut Oostzijdsche Pakhuizen atau Gudang Timur. Gedung ini awalnya digunakan untuk menyimpan barang dagangan utama VOC di Nusantara, yaitu rempah, kopi, teh, tembaga, timah, dan tekstil. Bangunan pada Gudang barat terdiri dari empat unit bangunan, dan tiga unit di antaranya yang sekarang digunakan sebagai Museum Bahari. 

Bangunan museum Bahari

Koleksi Perahu museum Bahari

Pada masa pendudukan Jepang, gedung-gedung peninggalan Belanda ini dipakai sebagai tempat menyimpan barang logistik tentara Jepang. Setelah Indonesia Merdeka, bangunan ini dipakai oleh PLN dan PTT untuk gudang.
Tahun 1976, bangunan cagar budaya ini dipugar kembali, dan kemudian pada 7 Juli 1977 diresmikan sebagai Museum Bahari. Gedung ini baru secara resmi ditetapkan sebagai Museum Bahari Jakarta pada tahun 1977 oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin.


 Koleksi museum Bahari

Koleksi museum Bahari

Barang koleksi yang ada di Museum Bahari.
Berbagai jenis perahu tradisional dengan aneka bentuk, gaya dan ragam hias, hingga kapal zaman VOC menjadi Koleksi-koleksi yang disimpan di museum ini.



Koleksi Perahu museum Bahari
Koleksi  Replika Kapal Layar Museum Bahari Jakarta

Disamping jenis perahu tradisional terdapat juga berbagai model dan miniatur kapal modern dan perlengkapan penunjang kegiatan pelayaran.

Alat Navigasi Koleksi museum Bahari
Koleksi  Alat Navigasi  Museum Bahari Jakarta
Alat Navigasi Koleksi museum Bahari
 Koleksi  Kemudi Kapal  Museum Bahari Jakarta

Museum ini Juga menyimpan peralatan yang digunakan oleh pelaut pada masa lalu seperti alat navigasi, jangkar, teropong, model mercusuar dan meriam.
 

Koleksi museum Bahari

Meriam di Museum Bahari Jakarta
Koleksi  Meriam Museum Bahari Jakarta

Tidak hanya kapal kapal dan peralatan navigasi, Museum ini juga menyimpan koleksi biota laut, data-data jenis dan sebaran ikan di perairan Indonesia dan aneka perlengkapan serta cerita dan lagu tradisional masyarakat nelayan Nusantara.

Koleksi Kerang Raksasa Museum bahari
Koleksi Fosil Kerang Raksasa Museum Bahari Jakarta

Museum ini juga menampilkan matra TNI AL, koleksi kartografi, maket Pulau Onrust, tokoh-tokoh maritim Nusantara serta perjalanan kapal KPM Batavia - Amsterdam.

Sepeda Onthel di meseum Bahari
Koleksi Sepeda Onthel di Museum Bahari Jakarta

Lokasi Alamat dan jam operasi Museum Bahari
Museum Bahari ini berlokasi di Jalan Pasar Ikan No. 1 Sunda Kelapa, Jakarta Utara . Jam kunjung museum adalah 09.00 - 15.00 WIB, dari Selasa hingga Minggu. Pada hari libur sekolah, museum tetap dibuka.

More:



Baca artikel Jakarta lainnya:


LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo