Google Searching

Info

Rabu, 08 Maret 2017

Serba Serbi Kota Jakarta

 
Serba Serbi Kota Jakarta
Pemandangan area Taman Monumen Nasional (Monas) di malam hari. image: John Huslim (500px.com)

Jakarta merupakan ibu kota Negara Republik Indonesia, lokasinya berada di pulau Jawa. Sebagai Ibu kota negara kota Jakarta memiliki berbagai keunikan baik dalam hal sosial, kebudayaan, kuliner, ekonomi dan Bisnis dll.

Nama Kota Jakarta yang kita kenal saat ini ternyata dalam sejarah panjang perjalanannya, telah mengalami beberapa kali penggantian nama. Kota Jakarta pertama kali dikenal sebagai Sunda Kelapa lalu berganti menjadi Jayakarta. Pada jaman pendudukan Belanda kota Jakarta mengalami pergantian nama secara berkelanjutan dari mulai Sta Batavia, Gemeente Batavia, Stad Gemente Batavia. Saat zaman pendudukan Jepang, nama Jakarta berganti nama menjadi Betshu Shi, Lalu berganti menjadi Jakarta Toko. Setelah zaman kemerdekaan, nama kota Jakarta secara berturut-turut berganti nama menjadi Jakarta, Kota Praja Jakarta, Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya hingga saat ini.

Kota Jakarta sebagai Kota besar telah berkembang mengikuti perkembangan jaman, sesuai dengan aktifitas dari warganya. Perkembangan ini telah melahirkan berbagai sarana da prasarana yang terus berkembang sesuai dengan tuntutan zaman.

Untuk memenuhi kebutuhan akan Transportasi, kota jakarta saat ini telah memiliki sarana transportasi publik kota jakarta seperti: Transjakarta,Kereta listrik,Angkutan sungai dll.Untuk angkutan lingkungan, terdapat angkutan kota seperti Mikrolet dan KWK, dengan rute dari terminal ke lingkungan sekitar terminal. Selain itu ada pula ojek, bajaj, dan bemo untuk angkutan jarak pendek.

Kota Jakarta juga sangat memperhatikan masalah Lingkungan, dengan dibuat berbagai Taman kota yang berfungsi sebagai daerah resapan air. Ada beberapa taman kota yang ada saat ini seperti : Taman Monas, Taman Suropati,Taman Lapangan Banteng, Taman Ismail Marzuki. Disamping taman yang besar, banyak dibangun RTH (Ruang Terbuka Hijau) dan RPTRA ( Ruang Publik Terbuka Ramah Anak) seperti RPTRA Kalijodo, RPTRA Waduk Pluit dll.


Lambang Provinsi DKI Jakarta

Sebagai Ibu kota negara kota Jakarta memiliki gedung untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Perwakilan di DPR RI dan DPD RI, Kedutaan besar negara negara sahabat. Ibu kota provinsi kota Jakarta memiliki struktur pemerintahan terdiri dari pemerintah daerah terbagi dalam 6 kota madya dan satu kabupaten yaitu:
Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan kabupaten Kepulauan Seribu.

Pariwisata merupakan salah satu kebutuhan bagi warganya untuk berekreasi, kota Jakarta juga menyediakan aneka tujuan wisata yang cukup baik seperti: Taman Mini Indonesia Indah, Pulau Seribu, Kebun Binatang Ragunan, Taman Impian Jaya Ancol, Kota Tua Jakarta, taman bermain Dunia Fantasi dan Seaworld Indonesia. Selain itu juga memiliki banyak tempat wisata sejarah, yakni berupa museum dan tugu. Diantaranya adalah Museum Gajah, Museum Fatahillah, Museum Bahari dan Monumen Nasional dll.

Jika anda yang memiliki hobby berbelanja Jakarta juga merupakan surga belanja terdapat banyak sekali tempat tempat berbelanja, kita dapat menjumpai Pasar tradisional seperti: Pasar Jatinegara,Pasar Lebakbulus, Pasar Klender, Pasar Cimanggis,Pasar Minggu, Pasar Senen, Pasar Rebo, dan lain lain.

Banyak juga pusat perdagangan grosir antara lain ITC Cempaka Mas, ITC Mangga Dua, ITC Roxy Mas, Pasar Senen dan Pasar Tanah Abang.
Selain itu, terdapat pula pasar modern hypermarket yang menjadi tren belanja kalangan menengah di Jakarta, antara lain Carrefour, Hypermart, Giant, Lotte Mart, dan Ranch Market. Di Jakarta terdapat pula pasar yang menjual barang-barang unik dan antik, seperti di Pasar Surabaya dan Pasar Rawabening.

Sejak zaman kolonial Belanda, Kota Jakarta merupakan kota yang menarik pendatang baik dari dalam dan luar Nusantara. Budaya yang ada di Jakarta merupakan budaya mestizo, atau sebuah campuran budaya dari beragam etnis. Suku-suku yang mendiami Jakarta antara lain, Jawa, Sunda, Minang, Batak, dan Bugis.
Selain dari penduduk Nusantara, budaya Jakarta juga banyak menyerap dari budaya luar, seperti budaya Arab, Tiongkok, India, dan Portugis.

Buat para pencinta kuliner atau makanan, kota Jakarta kini telah menjadi kota internasional yang banyak menyajikan makanan khas dari seluruh dunia. Meski demikian kota Jakarta tidak kehilangan selera kulinernya. Yang paling terkenal dari kuliner asli jakarta seperti: Kerak Telor, Soto Betawi, Kue Ape, Roti Buaya, Combro, dan Nasi Uduk.

Makanan Khas Betawi: Asinan Betawi, Soto Betawi, Gabus pucung, Sayur babanci, Sayur godog, Sayur besan (Telubuk sayur pemersatu), Ayam sampyok, Sambelan lengkio, Soto tangkar, Soto mie, Pecak tembang, Bandeng pesmol, Nasi kebuli, Nasi uduk, Nasi ulam,

Minuman Khas Betawi: Es selendang mayang, Es goyang,

Kue/Makanan Ringan Khas Betawi: Kue cucur, Kue rangi, Kue talam, Kue kelen, Sengkulun, Putu mayang, Andepite, Sagon, Kue ape, Kue cente manis, Kue pepe, Kue dongkal, Rujak penganten.

Oleh-Oleh Khas Betawi: Kerak telor,  Kue geplak,  Roti buaya,  Kue kembang goyang,  Dodol betawi, Bir pletok,

Sebagai tempat bermukimnya berbagai etnis di Indonesia, dengan mudah kita dapat menemukan berbagai macam makanan tradisional daerah lainnya, seperti Rawon, Rujak Cingur, Kupang Lontong, masakan padang dan warung tegal dll.

Nah lengkaplah sudah informasi tentang Kota jakarta, jika anda ingin berkunjung tinggal tentukan saja apa yang anda mau lihat, makan, minum, kunjungi dan oleh oleh apa yang mau dibawa pulang.

Info Bisnis:


https://id.wikipedia.org/wiki/Daerah_Khusus_Ibukota_Jakarta
http://www.konsumenreview.com/2015/10/taman-monumen-nasional-monas-jakarta.html

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo