Google Searching

Info

Jumat, 26 Januari 2018

10 Cara Menentukan Berlian Asli

10 Cara Menentukan Berlian Asli
Tips Cara Membedakan Perhiasan Berlian Asli
(sumber gambar: http:.//chegepublishing..net)

Memiliki perhiasan berlian yang berharga mahal, jangan sampai anda salah memilih berlian. Diperlukan ketelitian dalam memilih Berlian. Karena itu kita perlu berhati-hati, teliti dan seksama dalam memilih mana perhiasan berlian asli dan yang palsu. Berikut ini adalah ciri-ciri yang dimiliki oleh berlian yang asli yang didapat dari berbagai sumber.
1  Keras dan kokoh
Berlian asli memiliki tekstur yang keras dan kokoh, karena Berlian adalah batu yang paling keras di bumi. Jika berlian yang anda miliki rusak atau terbelah saat mendapat benturan ringan, maka sudah pasti berlian itu adalah berlian palsu.

2 Tidak mudah tergores
Berlian yang asli memiliki tekstur keras, tidak mudah tergores dan dapat menggores benda-benda lainnya, Karena berlian merupakan benda terkeras di bumi, maka berlian mampu menggores benda apapun. Salah Cara mudah membuktikan keaslian berlian yaitu dengan menggoreskannya ke kaca. Jika kaca tersebut tergores dan berlian Anda tidak rusak, maka dipastikan berlian asli dan sebaliknya.

3.Tidak berkabut
Berlian asli jika dihembuskan napas tidak akan menghasilkan kabut, kalau pun terbentuk kabut maka akan hilang dalam waktu singkat. Hal ini disebabkan karena berlian dapat menyebarkan panas secara cepat.

 4.Tenggelam di air
Batu mulia Berlian asli memiliki tingkat kerapatan yang tinggi sehingga akan tenggelam saat dimasukkan ke dalam air. Berlian yang palsu akan melayang atau pun mengapung di dalam air. Namun ciri ini hanya dimiliki oleh berlian yang masih mentah dan belum dijadikan perhiasan.

5.Tidak rusak walau dipanaskan
Berlian asli tahan dan tidak akan rusak atau pecah bila diberikan panas. Karena Berlian mampu menyebarkan panas dengan cepat maka tidak akan terasa hangat atau panas di tangan dan juga tidak perlu khawatir berlian akan rusak karena panas tidak mempengaruhi kondisi suatu berlian.




 6. Refleksi cahaya 
Berlian asli akan merefleksikan cahaya melalui berbagai sisinya sehingga akan terlihat kilaunya yang eksotis.

 7. Memiliki sedikit inklusi
Batu berlian yang asli terbentuk di alam pastinya tidak sempurna dan memiliki inklusi walau pun sangat sedikit. Inklusi ini bisa berupa serpihan benda asing atau perubahan warna. Berlian palsu tidak memiliki ini karena dibuat oleh manusia di laboratorium.

8. Refleksi Abu-abu
Batu Berlian asli hanya dapat memberikan refleksi bayangan dalam warna abu-abu saja. Jika berlian mampu merefleksikan berbagai warna, maka berlian yang Anda miliki tersebut adalah berlian palsu

 9. Tidak tembus pandang
Karena Berlian memiliki indeks bias yang besar sehingga berlian asli tidak tembus pandang. Jika Anda menaruh suatu berlian di atas benda maka Anda tidak akan dapat melihat benda tersebut dari bagian atas berlian. Kalau bisa berarti berlian tersebut palsu.
10. Memiliki Berbagai Warna
Berlian kebanyakan hanya memiliki warna bening saja, tapi ada juga dengan berbagai warna. Seperti, berlian pink, kuning, dan biru merupakan jenis berlian yang langka. Jadi, Setelah anda tahu ada banyak warna yang dimiliki Berlian, jangan sampai tertipu saat penjual perhiasan mengatakan berlian yang dijualnya adalah berlian langka tetapi memiliki warna selain pink, kuning, dan biru.


Lihat juga:
Dari Mana Berlian Berasal,
Aneka Jenis Berlian Palsu Atau Sintesis,  
10 Cara Menentukan Berlian Asli ,
Cara Memotong Berlian

Info ads:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Info Promo