Google Searching

Info

Rabu, 24 Januari 2018

Uniknya Ritual Cake Torma


Uniknya Ritual Cake Torma
Torma makanan 
Sumber gambar: http://levekunst.com

Torma (Sansekerta disebut: Balingta, dalam bahasa Tibet: Tor-ma, Wylie: gtor ma. Torma adalah Sebuah ritual Cake,sebagian besar terbuat dari tepung dan mentega.Torma banyak digunakan dalam ritual tantra atau sebagai persembahan dalam Buddhisme Tibet.

Bentuk tubuh utama Torma diberi berbagai aneka warna, kebanyakan dengan warna putih atau merah, Torma dibuat dalam bentuk tertentu berdasarkan tujuannya, biasanya dalam bentuk kerucut. Untuk festival tertentu biasanya mereka membuat Torma kuil yang sangat besar, meskipun kebanyakan berukuran kecil dan ditempatkan langsung di tempat suci. Torma ini biasanya diletakan atas piring, dipasang di atas kulit atau diadakan di tempat khusus seperti tengkorak.

Gyens on Shalzay tormas
(Tormas: Gyens on Shalzay tormas.) https://monlam.wordpress.com

Asal mula Torma yang kami dapat dari penelusuran di internet sebagai berikut:
Suatu ketika, pada saat Buddha Shakyamuni, saat Ananda sedang mempraktikkan Dharma di hutan dekat kota Kapilavastu, preta yang menakutkan meludahi api melalui mulutnya. Dia mengatakan kepada Ananda, "Anda hanya tinggal tujuh hari lagi untuk tinggal, pada akhirnya saya akan memakan Anda. " Ananda, sangat ketakutan, mendatangi Sang Buddha dan menceritakan apa yang baru saja terjadi. Bhagawan menjawab, " Buatlah sebuah torma dengan kemegahan yang tak terbatas, berkatilah dengan mantra, dan tawarkan ini. Hal ini akan membebaskan Anda dari ketakutan akan kematian yang terlalu dini dan membawa Anda untuk mencapai kualitas yang tak terbatas. "

Buddhisme Tibet memiliki Tradisi menggunakan kue pada persembahan cakes pre-dates. Meskipun kue persembahan tradisional India  memiliki bentuk datar bukan kerucut, yang disebut bali atau balingha dalam bahasa Sanskerta. Dalam Istilah Tibet berasal dari akar gtor-ba yang berarti "membuang, putus, atau menyebarkan". Ini menyiratkan melepaskan akan kemelekatan perasaan agar tidak menempel.

Making Torma (Butter and Roasted Barley Flour Sculptures)
Torma gambar diambil dari situs http://education.asianart.org

Masing masing Torma memiliki kegunaan yang berbeda.Ada Torma yang dibuat dan ditempatkan di tempat suci untuk upacara atau untuk mewakili dewa. Torma juga  digunakan dalam festival, perayaan dan dikonsumsi oleh praktisi selama pelatihan berlangsung. Selain dari tujuan tadi Torma juga dibuat untuk menenangkan roh, mengumpulkan pahala, atau menghilangkan rintangan.

Membuat Torma
Torma sedang dalam proses pembuatan. 
Gambar: https://monlam.wordpress.com


Torma kebanyakan terbuat dari tepung barley dan mentega, namun secara tradisional bahan lain seperti telur, susu, gula, madu, dan bahkan daging dapat disertakan tergantung pada tujuan torma.

Ada 6 jenis Torma:
    1. Deity Tormas
    2. Food Tormas
    3. Offering Tormas
    4. Medicinal Tormas
    5. Captured Tormas
    6. Inner, Secret and Very Secret Torma

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Torma
http://www.rigpawiki.org/index.php?title=Torma

More:
Uniknya Ritual Cake Torma
Uniknya Food Torma


Info bisnis:


.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Info Promo