Google Searching

Burung Hantu


Burung Hantu memiliki telinga yang tajam
 Burung Hantu memiliki telinga yang tajam

Burung hantu termasuk ke dalam golongan burung buas (karnivora, pemakan daging) dan merupakan hewan malam (nokturnal). Burung ini merupakan anggota ordo Strigiformes. Di dunia terdapat sekitar 222 spesies yang menyebar di seluruh dunia kecuali Antartika, sebagian besar Greenland, dan beberapa pulau-pulau terpencil.

Burung hantu dianggap simbol pertanda petaka bagi beberapa tempat di indonesia, berbeda dengan di belahan dunia barat burung ini dianggap simbol kebijaksanaan.
Di beberapa wilayah Burung hantu memiliki nama tersendiri seperti: di daerah Jawa misalnya, nama burung ini adalah darès atau manuk darès, sedangkan di Sulawesi Utara, burung hantu dikenal dengan nama Manguni.

Burung Hantu
 Burung Hantu atau Owl

Burung hantu memiliki matanya besar dan menghadap ke depan, memiliki paruh yang bengkok tajam seperti paruh elang dan susunan bulu di kepala yang membentuk lingkaran wajah, tampilan "wajah" burung hantu ini demikian mengesankan dan kadang-kadang menyeramkan. Apalagi leher burung ini demikian lentur sehingga wajahnya dapat berputar 180 derajat ke belakang.
 
Umumnya burung hantu berbulu burik, kecoklatan atau abu-abu dengan bercak-bercak hitam dan putih. Dipadukan dengan perilakunya yang kerap mematung dan tidak banyak bergerak, menjadikan burung ini tidak mudah kelihatan; begitu pun ketika tidur di siang hari di bawah lindungan daun-daun.

Ekor burung hantu umumnya pendek, namun sayapnya besar dan lebar. Rentang sayapnya mencapai sekitar tiga kali panjang tubuhnya.

Gambar jenis jenis Burung Hantu (Owl)
Gambar jenis jenis Burung Hantu (Owl)

Kebanyakan jenis burung hantu berburu di malam hari, meski sebagiannya berburu ketika hari remang-remang di waktu subuh dan sore (krepuskular) dan ada pula beberapa yang berburu di siang hari. Burung hantu berburu aneka binatang seperti serangga, kodok, tikus, dan lain-lain.
Beberapa jenis bahkan dapat memperkirakan jarak dan posisi mangsa dalam kegelapan total, hanya berdasarkan indra pendengaran dibantu oleh bulu-bulu wajahnya untuk mengarahkan suara.
.
Burung hantu bersarang di lubang lubang pohon
Burung hantu bersarang di lubang lubang pohon

Sarang terutama dibuat di lubang-lubang pohon, atau di antara pelepah daun bangsa palem. Beberapa jenis juga kerap memanfaatkan ruang-ruang pada bangunan, seperti di bawah atap atau lubang-lubang yang kosong. Bergantung pada jenisnya, bertelur antara satu hingga empat butir, kebanyakan berwarna putih atau putih berbercak.



Klasifikasi ilmiah Burung Hantu
Kingdom:     Animalia
Filum:     Chordata
Kelas:     Aves
Ordo:     Strigiformes
Wagler, 1830
Suku/familia: Strigidae,Tytonidae

Dari tulisan yang ada di Wikipedia ternyata, Burung hantu memiliki banyak Ragam dan jenisnya.Burung ini termasuk Ordo Strigiformes terdiri dari dua suku (familia), yakni suku burung serak atau burung-hantu gudang (Tytonidae) dan suku burung hantu sejati (Strigidae). Banyak dari jenis-jenis burung hantu ini yang merupakan jenis endemik (menyebar terbatas di satu pulau atau satu wilayah saja) di Indonesia, terutama dari marga Tyto, Otus, dan Ninox.

Beberapa contohnya adalah:
    Burung hantu Pere David
    Burung hantu elang Andaman
    Burung hantu kelabu besar

Tytonidae :
    Serak Jawa (Tyto alba)
    Serak bukit (Phodilus badius)

Strigidae :
    Celepuk reban (Otus lempiji)
    Beluk jampuk (Bubo sumatranus)
    Beluk ketupa (Ketupa ketupu)
    Punggok coklat (Ninox scutulata)
    Kokok beluk (Strix leptogrammica)
    Burung hantu elang utara (Surnia ulala)

Baca juga:

Berapa Tinggi dan Bobot Burung Hantu ?
Apa Makanan Favorit Burung Hantu ?

#Burung Hantu, #Owl, #Beluk, #Kokok beluk,

#Burung (Aves),

 Mobile ads:



Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Burung_hantu
https://www.klcbs.net/2017/10/telinga-tajam-burung-hantu-sampai-tua/
http://bobo.grid.id/Sains/Iptek/5-Fakta-Unik-Seputar-Burung-Hantu
https://www.audubon.org/sites/default/files/owlgrid_twitter.jpg
http://www.audubon.org/magazine/january-february-2015/whos-who

Lihat Juga Burung Lainnya:
Burung Hantu




Info Bisnis:






Mobile ads:





Komentar