Google Searching

Info

Kamis, 01 Maret 2018

Ikan Pirana atau Piranha


The red-bellied piranha,
 The red-bellied piranha, Pic: https:.//kids.nationalgeographic..com

Ikan Pirana atau Piranha merupakan sejenis ikan air tawar yang hidup di perairan tropis  sungai-sungai di Amerika Selatan.Laut Merah dan danau Kaptai, Bangladesh.

Jenis ikan ini memiliki memiliki jumlah spesies yang cukup banyak. Pada saat ini tercatat  mencapai 60-an spesies ikan piranha yang tercatat dan tersebar disegala penjuru dunia. Hampir 80% dari spesies yang ada twerdapat di sungai tropis Amazon, Amerika Selatan. Ikan ini memeliki beberapa julukan yang berbeda di eberapa negara, misalnya saja di Venezuela ikan ini disebut dengan ikan caribes

Ikan Piranha merupakan sejenis ikan omnivor kecil, ikan air tawar yang rakus dan termasuk jenis ikan omnivora atau pemakan segalanya. Jika persediaan makanan di alam menipis mereka akan memakan teman mereka sendiri yang paling lemah atau kanibal. Di habitatnya ia biasa memakan ikan-ikan kecil, katak, serta tumbuh-tumbuhan air. Ikan ini juga mampu memakan hewan yang lebih besar seperti burung, serta potongan daging.

The red-bellied piranha,
The red-bellied piranha, Pic: https://kids.nationalgeographic.com


Ikan Piranha terkenal memiliki banyak gigi yang sangat tajam yang digunakan untuk memakan mangsa. Ikan ini sangat mengemari darah. Ikan Pirana memburu dan memakan hasil buruan mereka bersama, walaupun mereka kecil, mereka sangat ganas.

Baca juga:  Klasifikasi Ilmiah Ikan Piranha

Ikan piranha memiliki kulit yang bewarna perak sedikit berkilau dengan warna merah yang terletak pada bagian perut hingga mendekati sirip ekor. Perpaduan kedua warna tersebut berfungsi sebagai alat kamuflase di habitat asli mereka.



Ikan piranha adalah sebuah suku ikan dari keluarga Serrasalmidae. Serrasalmidae adalah sebuah keluarga ikan yang memiliki 16 Genera, antara lain :
Acnodon, Catoprion, Colossoma, Metynnis, Mylesinus, Myleus, Myloplus, Mylossoma, Ossubtus, Piaractus, Pristobrycon, Pygocentrus, Pygopristis, Serrasalmus, Tometes dan Utiaritichthys.
Namun hanya 5 Genera yang termasuk kedalam suku piranha, antara lain Catoprion, Pristobrycon, Pygocentrus, Pygopristis dan Serrasalmus.

Jenis keluarga Ikan Piranha Serrasalmidae merupakan jenis ikan piranha yang paling agresif, ikan ini berwarna merah di bahagian perut dan berwarna perak di bagian badan.Ikan ini mempunyai gigi yang tajam dan juga rahang yang kuat. Jenis Ikan ini dapat berkembang maksimal hingga 60 centimeter dan mencari makanan secara berkelompok.




Lihat lainnya:
Ikan Pirana atau Piranha
Ikan Bertangan Merah Tasmania
Klasifikasi Ilmiah Ikan Piranha

Lihat Juga aneka Ikan Hias Cantik:
My Guppy Fish Pregnant
My Guppy Giving Birth in Small Aquarium
My Red Guppy Fish Video Collection
Red Betta Fish Female
9 Jenis Ikan Louhan yang di jual dipasaran,
Klasifikasi ilmiah Ikan Lou han,
Ikan Hias Red Blood Parrot Cichlid
Klasifikasi ilmiah Ikan Cupang (Betta sp)
Cara Beternak Ikan Cupang (Betta sp)
Cara Pemijahan Ikan Cupang (Betta sp)
Pesona Ikan Cupang Fancy 
Ikan Hias Cantik
Ikan Cupang Hias (Betta sp)
Aneka Jenis Ikan Hias Air Tawar



LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo