Google Searching

Info

Sabtu, 09 Juni 2018

Mengenal Negeri Sakura Jepang

Mengenal Negeri Sakura Jepang
Bendera Negara Jepang  
Jepang atau banyak dikenal dengan Negeri sakura Jepang adalah salah satu negara yang terletak di Asia Timur, bersama Korea dan juga China. Serta Jepang merupakan salah satu negara maju yang ada didunia ini.

Negeri Sakura Jepang banyak memiliki kebudayaan yang unik dan menarik dan kebudayaannya tetap dijaga dan dilestarikan dengan baik sampai di era teknologi canggih saat ini. Walaupun Jepang adalah negara maju penduduk jepang masih memelihara dan melestarikan tradisi leluhurnya.

Jepang memiliki banyak kuil dengan bentuknya yang indah dan mengagumkan, disamping itu seperti: aneka makanan Khas Jepang, Bunga Sakura, Pusat Otomotif dunia, Industri elektronik, alat komunikasi, Smartphone dll


Berikut ini adalah data dari Negara Jepang adalah salah satu negara maju di kawasan Asia.

    Luas wilayah : 377.643 km persegi
    Ibu kota : Tokyo
    Bentuk pemerintahan : Kekaisaran
    Kepala negara : Kaisar
    Kepala pemerintahan : Perdana Menteri
    Kaisar : Akihito
    Perdana Menteri : Shinzō Abe (2018)
    Lagu kebangsaan : Kimigayo Murayama
    Jumlah Penduduk (2016) : 127.000.000 jiwa
    Bahasa : Jepang
    Agama mayoritas penduduk : Shinto
    Mata uang : Yen
    Bandar udara internasional : Narita dan Haneda
    Perusahaan penerbangan : Japan Airlines (JAL)

Letaknya geografi
Letaknya geografi Negara Jepang berada di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Tiongkok Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

Batas-batas geografis negara Jepang adalah sebagai berikut :
    Utara : Laut Okhotsk dan Pulau Shakalin
    Timur : Samudera Pasifik
    Selatan : Samudera Pasifik dan Laut Cina Selatan
    Barat : Selat Korea dan Laut Jepang

Negara Jepang merupakan negara kepulauan terdiri dari 6.852 pulau, hal ini yang menjadikannya sebagai negara kepulauan. Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung, dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. 

Keadaan alam Negara Jepang sebagian besar bergunung-gunung, dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. sehingga sungai-sungainya pada umumnya pendek-pendek dan tidak baik untuk pelayaran.
Gunung yang tertinggi adalah Gunung Fuji atau Fujiyama, Gunung ini  dianggap keramat oleh bangsa ini. Masih ada sekitar 58 gunung api di Jepang, Di Jepang sering terjadi gempa bumi ini diakibatkan banyaknya Gunung berapi aktif.

Iklim bagian selatan berbeda dengan iklim bagian utara. Makin ke utara suhu udara semakin dingin dan curah hujan semakin sedikit. Sesuai dengan iklimnya, tumbuh-tumbuhan alami di bagian utara merupakan hutan cemara. Sedangkan bagian tengah hutan campuran dan selatan hutan musim.


Penduduk
Jumlah Penduduk Jepang pada tahun 2016 adalah 127.000.000 jiwa, Laju pertumbuhan penduduknya rendah, yaitu 0,39% pertahun, berkat keberhasilan pelaksanaan program keluarga berencana. Orang Jepang termasuk golongan induk bangsa Mongoloid. Penduduk aslinya adalah suku bangsa Ainu yang tinggal di pulau Hokaido. Sebagain besar penduduk beragam Shinto, yaitu pemujaan pada Dewa Matahari, sebagain lagi beragama Budha.

Pemerintahan
Negara Jepang (Japan) disebut negeri Matahari Terbit atau Negeri Sakura. Bantuk pemerintahannya adalah kekaisaran yang dikepalai oleh seorang kaisar (sekarang Akihito). Menurut kepercayaan bangsa Jepang, kaisar adalah keturunan Dewa Matahari atau Dewa Amaterasu.

Negara Jepang merupakan kerajaan konstitusional dengan kepala negaranya seorang Kaisar dan kepala pemerintahan dipegang oleh Perdana Menteri. Parlemennya disebut Diet yang terdiri dari Dewan Perwakilan dan Dewan Penasihat.

Saat ini Negara Jepang merupakan negara dengan standar hidup tertinggi di Asia, bahkan termasuk salah satu yang tertinggi di dunia. Nama Jepang diberikan oleh orang Italia bernama Marcopolo, orang Jepang sendiri menamakan negerinya Nippon atau Dai Nippon. Perana Menteri Jepang sekarang adalah Shinzo Abe.

Perekonomoian
Memiliki luas tanah yang terbatas, pertanian dilaksanakan secara intensif dan mekanis, tanah pertanian selalu dipupuk dan mendapat irigasi. Hasil utama dari pertanian adalah padi, gandum, jagung, kacang-kacangan. Hasil perkembunan adalah teh hijau yang diekspor. Disamping pertanian dan perkebunan negara jepang juga mengembangkan peternakan untuk memenuhi kebutuhan daging, susu dan telur di dalam negeri yang selalu meningkat. Namun, orang Jepang sendiri menyukai ikan.

Jepang merupakan salah satu negara penghasil ikan terbesar di dunia. Laut di sekitar negara ini memang kaya akan plankton, karena di situ merupakan pertemuan dua arus samudra, yaitu arus dingin Oyashio dari utara dan arus panas Kuroshio dari selatan.

Untuk sektor pertambangan dapat dihasilkan batubara, tembaga, bijih besi, timah, dan belerang. Akan tetapi, hasil-hasil tambangnya tidak mencukupi untuk industri dalam negeri, sehingga bahan-bahan tambang masih harus diimpor, termasuk minyak bumi dan gas alam. Industri Jepang memang maju dengan pesat, mulai dari industri, kerajinan tangan, industri ringan sampai industri berat. Sekarang Jepang menjadi negara industri terbesar kedua setelah Amerika Serikat.

Industri Jepang terdapat di :
    Daerah industri Keihin di dataran Kwanto, sekitar Tokyo.
    Daerah industri Hanshin, terletak di antara kota-kota Osaka-Kobe- di dataran Kinki, mengelilingi Teluk Osaka.
    Daerah industri Chukyo di dataran Nobi, sekitar Teluk Ise.
    Daerah industri Kitakyushu, teletak di bagian utara Pulau Kyushu.

Jepang merupakan negara industri nomor dua di dunia setelah Amerika Serikat. Faktor-faktor yang mendukung berkembangnya industri di negara ini sebagai berikut :
    Tenaga listrik (PLTA) dengan biaya yang murah dan mudah di dapat.
    Tenaga buruh banyak, terampil dan terlatih.
    Para tenaga kerja mempunyai semangat dan kemauan untuk bekerja keras.
    Letaknya yang strategis karena dekat dengan sumber bahan baku (pemasok dan daerah pemasaran).
    Pelabuhan laut yang menunjang untuk kegiatan ekspor.
    Sistem transportasi dalam negeri yang sangat baik, terutama jaringan lalu lintas kereta api.
    Adanya bantuan dana dari Amerika Serikat yang dilakukan untuk rehabilitasi perekonomian setelah Perang Dunia II.

Faktor pendukung Jepang menjadi negara maju
Negeri Sakura ini merupakan negara yang kuat dengan penduduk yang memiliki keinginan keras.Faktor pendorong Jepang menjadi negara maju diantaranya sebagai berikut :

    -    Memiliki pendapatan per kapita yang tinggi, yaitu sebesar US $ 27.380.
    -   Penduduknya memiliki kemauan yang keras. Hal ini menjadikan Jepang dapat bangkit dari kesalahan perang yang sangat besar pada masa Perang Dunia II. Kerusakan dan kerugian besar tersebut dapat pulih dengan cepat dan menjadi maju hingga sekarang.
     -   Memiliki modal yang sangat besar untuk kemajuan ekonominya.
     -   Memiliki banyak tenaga kerja yang ahli dan terampil.
    -  Memiliki jalur pemasaran yang luas. Dilaksanakannya politik dumping yang menyebabkan barang-barang hasil industri cepat laku di pasaran.

Ekspor dan Impor
Industri manufaktur adalah salah satu kekuatan Jepang, tapi negara ini miskin akan sumber daya alam. Pola umum yang dijalankannya adalah sebagai berikut: Perusahaan-perusahaan Jepang mengimpor bahan-bahan mentah, lalu mengolah dan membuatnya sebagai barang jadi, yang dijual di dalam negeri atau diekspor.
Salah satu bidang yang memberi harapan bagi pertumbuhan ekonomi Jepang adalah perobotan, di mana teknologi Jepang memimpin dunia. ASIMO, robot humanoid (berbentuk seperti manusia) dikembangkan oleh Honda, dapat berjalan dengan dua kaki dan berbicara bahasa manusia. Di masa dekat ini, robot akan aktif dalam berbagai bidang dan mungkin hidup berdampingan dengan manusia, seperti dalam film-film fiksi sains.
Dilihat dari sudut ekonomi, Jepang merupakan salah satu negara yang paling maju di dunia. GDP (produk domestik bruto, yaitu nilai semua barang dan jasa yang dihasilkan di Jepang dalam setahun) adalah kedua tertinggi di dunia, dan merk-merk Jepang seperti Toyota, Sony, Fujifilm, dan Panasonic terkenal di seluruh dunia.

Transportasi
Sistem transportasi yang ada di Jepang sangat berkembang, dengan jaringan jalan dan rel kereta-api mencakup hampir setiap bagian wilayah Jepang, bersama dengan layanan angkutan udara dan laut yang luas.

Shinkansen merupakan kereta-listrik super-cepat, adalah kereta-listrik ekspres yang berjalan dengan kecepatan maksimal 250 hingga 300 km per jam. Jaringan Shinkansen mempunyai lima rute yang menyebar dari Tokyo dan Osaka. Selama ini belum pernah terjadi kecelakaan operasional yang fatal sehingga Shinkansen dianggap merupakan sistem kereta-api berkecepatan tinggi yang paling aman di dunia.

Shinkansen

Selain Shinkansen, Jepang mempunyai jaringan kereta reguler. Banyak kota besar di Jepang juga mempunyai jalur subway (kereta bawah-tanah). Sistem subway di ibu kota Tokyo yang mempunyai lebih dari 12 jalur yang mencakup jalur ratusan kilometer, dianggap merupakan yang terbaik di dunia, dan terus berkembang. Layanan angkutan kereta bagi para komuter seperti ini dipergunakan oleh jutaan orang setiap hari untuk transportasi ke dan pulang dari tempat kerja, atau sekolah. Kereta Jepang terkenal akan kebersihannya dan ketepatan waktunya.


Wisata
Negara Jepang selain kaya akan teknologi, industri dan kereta api cepatnya juga memiliki daerah tujuan wisata yang indah dan menarik.
Berikut ini 30 daerah tujuan wisata yang favorit untuk dikunjungi

1. Shinsaibashi – Osaka
2. Nishiki Market – Kyoto
3. Toyota Commemorative Museum of Industry and Technology – Aichi
4. Video Game Bar Space Station – Osaka
5. Kaiyukan – Osaka
6. Sensoji – Tokyo
7. Centar Gai – Tokyo
8. Dotonbori – Osaka
9. Nara Park – Nara
10. Jigokudani Yaen Park – Nagano
11. Meiji Shrine – Tokyo
12. Mori Art Museum – Tokyo
13. Nagasaki Atomic Bomb Museum – Nagasaki
14. Nijo Castle – Kyoto
15. Robot Restaurant – Tokyo
16. Kenrokuen Garden – Ishikawa
17. Arashiyama Monkey Park Iwatayama – Kyoto
18. Sanjusangendo Temple – Kyoto
19. Matsumoto Castle – Nagano
20. Okinawa Churaumi Aquarium – Okinawa
21. Shinshoji Temple / Naritasan – Chiba
22. Hakone Open-Air Museum – Kanagawa
23. Shinjuku Gyoen Park – Tokyo
24. Kiyomizu Temple – Kyoto
25. Mt. Takao / Okunoin Temple – Tokyo
26. Todaiji Temple – Nara
27. Kinkakuji – Kyoto
28. Miyajima Island / Itsukushima Shrine – Hiroshima
29. Hiroshima Peace Memorial Museum / Hiroshima Peace Memorial Park
30. Fushimi Inari Shrine – Kyoto

Kuliner Jepang
Makanan kegemaran orang Jepang memakan makanan tradisi mereka.  Jenis makanan Jepang bertumpu pada peralihan musim, dengan menghidangkan mi dingin dan sashimi pada musim panas, sedangkan ramen panas dan shabu-shabu pada musim dingin. Makanan Jepang yang terkenal didunia dengan sushi, yang biasanya dibuat dari berbagai jenis ikan mentah yang digabungkan dengan nasi dan wasabi. Sushi memiliki banyak penggemar di seluruh dunia.

Berikut ini ada 21 Kuliner Jepang paling populer dan akrab di lidah orang Indonesia

1. Sushi
2. Sup miso
3. Tempura
4. Edamame
5. Ramen
6. Mochi
7. Okonomiyaki
8. Soba
9. Onigiri
10. Yakiniku
11. Takoyaki
12. Sashimi
13. Chirashi
14. Nasi Kari Jepang
15. Udon
16. Sukiyaki
17. Shabu-shabu
18. Yakisoba
19. Karaage
20. Ebi Furai
21. Oshizushi

Nah Lengkapkan serba serbi negara Sakura Jepang.

Mobile ads:

Referensi:
https://soranews24.com/2014/06/07/japans-30-best-travel-destinations-as-chosen-by-overseas-visitors/
https://id.wikipedia.org/wiki/Jepang
http://www.id.emb-japan.go.jp/expljp_15.html
https://www.brilio.net/life/21-kuliner-jepang-paling-populer-dan-akrab-di-lidah-orang-indonesia-1512042.html

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Info Promo