Google Searching

Traveling ke Istana Drakula


Istana Drakula
Traveling ke Istana Drakula

Drakula merupakan cerita dari sebuah novel karangan Bram Stoker di abad ke-18. Novel ini menceritakan tentang vampir penghisap darah yang bisa berubah jadi kelelawar dan tinggal di kastil seram. Cerita itu, terinspirasi dari Vlad Dracula. Kastil Drakula ternyata sungguhan ada. Namanya Kastil Bran di Rumania, yang punya kisah menyeramkan tentang Vlad Dracula yang kejam nan sadis.

Kastil Btran atau Bran Castle

Kastil Bran atau Bran Castle adalah monumen nasional dan landmark di Rumania,terletak dekat Bran dan di sekitar Brasov. Benteng ini terletak di perbatasan antara Transylvania dan Wallachia, di DN73. Bran Castle Umumnya dikenal sebagai "Dracula's Castle" (meskipun castle ini merupakan salah satu dari beberapa lokasi yang terkait dengan legenda Drakula, termasuk Kastil Poenari dan Kastil Hunyadi), sering salah disebut sebagai rumah dari karakter judul di Dracula Bram Stoker. Namun demikian, tidak ada bukti bahwa Stoker tahu apa-apa tentang kastil ini, yang hanya memiliki hubungan tangensial dengan Vlad the Impaler,voivode Wallachia, inspirasi yang diduga untuk Dracula.

Penulis Belanda, Hans Corneel de Roos, mengusulkan sebagai lokasi untuk Castle Dracula, puncak gunung yang kosong, Gunung Izvorul Culuunui, ketinggian 2.033 meter (6.670 kaki), terletak di pegunungan Călimani Alps dekat bekas perbatasan dengan Moldavia. Deskripsi Stoker tentang kastil fasik Dracula yang runtuh juga tidak memiliki kemiripan dengan Bran Castle.

 

Berada di dalam kastil, Pengunjung dapat melihat ruang-ruang dengan segala isinya. Pemugaran, restorasi, renovasi hingga penempatan sejumlah replika membuat wajah istana dan segala atributnya itu seolah tetap dengan suasana milik masa lalu.


Dari letak dan penataan  ruang-ruang yang ada, pengunjung bisa menebak aktivitas atau kebiasaan para penghuninya. Ada ruang makan, ada ruang pertemuan, ada ruang keluarga dan lain sebagainya. Umumnya turis penasaran dengan ruangan yang berisi mahkota dan pedang panjang kesayangan Vlad.

Kamar Tidur Drakula
Penampakan Kamar Tidur Drakula

Disamping ruangan tadi, ada juga ruangan yang memajang sejarah legenda drakula berikut gambar-gambar atau foto yang bisa membuat nyali ciut. Ditambah dengan suasana sudut-sudut gelap di dalam maupun luar ruangan makin menambah kesan horor.

Kastil Vlad saat itu berfungsi juga sebagai benteng pertahanan. Sejumlah meriam berukuran kecil terlihat dalam posisi siap tembak di titik-titik strategis, ketika itu Vlad sedang seru-serunya bertempur dengan pasukan Turki Usmani pimpinan Sultan Mehmed II.




Kastil Bran pada saat ini sekarang dijadikan sebuah museum yang didedikasikan untuk menampilkan karya seni dan furnitur yang dikumpulkan oleh Ratu Marie. Para wisatawan dapat melihat interiornya sendiri atau dengan pemandu tur. Di bagian bawah bukit adalah sebuah taman museum terbuka kecil yang memamerkan struktur petani Rumania tradisional (cottage, lumbung, dll.) Dari seluruh negeri.

 Princess Maria
 Princess Maria
Princess Marie & Crown Prince Ferdinand
Princess Marie & Crown Prince Ferdinand (first married picture), 1893

Princess Maria with Prince Carol
Princess Maria with Prince Carol
Kastil Drakula memiliki pesona tersendiri dan menjadi salah satu daya tarik utama bagi Rumania untuk menggaet turis asing berkunjung ke negara itu. Dari Bukares, Ibu Kota Rumania, istana Drakula atau kastil Bran yang sudah menjadi ikon dan melegenda lebih dari tujuh abad itu, bisa ditempuh dengan naik kereta selama 3 jam perjalanan dengan kendaraan dengan jarak kurang lebih 120 km dari pusat kota ke arah selatan menuju ke Brasov.

Lalu tiket masuknya, hanya 20 Romanian New Leu (RON) atau setara Rp 65 ribu saja. Anda bisa menggunakan jasa pemandu tur yang ada di Kota Brasov, kalau mau datang ke sana malam hari. Serem deh!

Lihat Kasit lainnya:
Traveling ke Istana Drakula
Kastil Predjama di Slovenia


Info Bisnis:
Mobile ads:


Referensi: http://www.bran-castle.com/gallery-castle.html https://en.wikipedia.org/wiki/Bran_Castle https://travel.detik.com/international-destination/d-3467450/jangan-baca-kalau-takut-kastil-drakula-di-rumania http://traveling.bisnis.com/read/20180321/224/752384/istana-drakula-ikon-yang-tak-pernah-sepi

Komentar