Google Searching

Apakah Fenomena Aphelion Pengaruhi Suhu Dingin di Indonesia?


Fenomena Aphelion Pengaruhi Suhu
 Fenomena embun beku atau bun upas terjadi dataran tinggi dieng, Jumat (6/7/2018). FOTO/IST
(Gambar: daerah.sindonews.com)


Banyak berita di media sosial mengaitkan fenomena Aphelion dengan menurunnya suhu udara di tanah air,
Apakah Fenomena Aphelion Pengaruhi Suhu Dingin di Indonesia?
Berikut jawaban dari  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca dingin yang sedang melanda Indonesia akhir akhir ini. Seperti dilansir dari berita di  tribunnews.com berikut liputan beritanya:

Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho memberikan keterangan menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca dingin yang sedang melanda Indonesia.



Penjelasan tersebut diberikan Sutopo melalui akun Twitter-nya, @Sutopo_PN, Jumat (6/7/2018).
Sutopo menuliskan, menurut BMKG, cuaca dingin yang melanda Indonesia bukan disebabkan fenomean aphelion. Cuaca dingin ini lebih doniman karena tidak adanya awan di atmosfer.

Ia menambahkan, angin dari Australia yang dingin dan kering ke Asia melalui Indonesia, sehingga cuaca dingin melanda Indonesia.

"Menurut BMKG, cuaca dingin saat bukan disebabkan fenomena aphelion. Cuaca dingin saat ini lebih dominan karena tidak adanya awan di atmosfer. Angin dari Australia yang dingin dan kering ke Asia melalui Indonesia sehingga cuaca menjadi dingin di Indonesia. Jadi bukan Aphelion," tulis Sutopo.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Bukan Fenomena Aphelion, Inilah Penyebab Cuaca Dingin yang Melanda Indonesia, http://www.tribunnews.com/nasional/2018/07/06/bukan-fenomena-aphelion-inilah-penyebab-cuaca-dingin-yang-melanda-indonesia.
Editor: Claudia Noventa

Apakah Fenomena Aphelion Pengaruhi Suhu Dingin di Indonesia?

Sumber:
http://www.tribunnews.com/nasional/2018/07/06/bukan-fenomena-aphelion-inilah-penyebab-cuaca-dingin-yang-melanda-indonesia
https://daerah.sindonews.com/read/1319593/22/bmkg-fenomena-salju-di-dieng-tak-ada-kaitan-dengan-aphelion-1530890369
https://www.bmkg.go.id/press-release/?p=penjelasan-bmkg-terkait-aphelion-suhu-udara-dingin-dan-embun-beku&tag=&lang=ID

Mobile ads:


Komentar