Google Searching

Info

Senin, 06 Agustus 2018

Satelit Merah Putih Milik Telkom


Penampakan Satelit Merah Putih Milik Telkom.
  Penampakan Satelit Merah Putih Milik Telkom.


Penampakan Satelit Merah Putih milik Telkom saat berada di pabrik SSL. Saat ini, satelit sudah berada di lokasi peluncuran SpaceX, Cape Canaveral Air Force Station, Florida. Satelit Merah Putih rencananya akan diluncurkan menuju slot orbit pada 4 Agustus 2018. Photo courtesy: SSL


Dalam waktu dekat ini PT Telkom akan mengukir sebuah sejarah baru tentang satelit di Indonesia.
PT Telkom pada tanggal 07 Agustus waktu Orlando, AS, akan meluncurkan sebuah satelit yang diberi nama Satelit merah Putih. Satelit Merah Putih milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) akan menempati slot orbitnya 108 derajat Bujur Timur (108 BT). Nantinya satelit ini akan mencakup area hingga ke Asia Tenggara dan Asia Selatan.


Penampakan Satelit Merah Putih Milik Telkom.
Satelit Merah Putih Milik PT Telkom. (FOTO: Istimewa)
Penampakan Satelit Merah Putih Milik Telkom.

Seperti yang di beritakan oleh Merdeka.com. pada hari Jumat, 3 Agustus 2018 16:38
Menteri BUMN RI Rini M. Soemarno dan Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Alex J. Sinaga meninjau langsung Satelit Merah Putih di SpaceX, Cape Canaveral Air Force Station, Florida, pekan lalu, Selasa (24/7). Peninjauan tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa Satelit Merah Putih siap diluncurkan dalam waktu dekat.Rini mengharapkan proses peluncuran Satelit Merah Putih milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dapat berjalan lancar hingga menempati slot orbitnya 108 derajat Bujur Timur (108 BT).

"SpaceX akan segera meluncurkan satelit Merah Putih. Harapan saya dan tentunya kita semua adalah, agar roket Falcon 9 dapat sukses membawa satelit tersebut ke slot orbit sehingga Satelit Merah Putih bisa menjalankan tugasnya dalam menopang kemajuan industri nasional, mendukung konektivitas bangsa Indonesia, serta mempermudah dan memperluas akses komunikasi bagi seluruh rakyat indonesia," ujarnya melalui keterangan resminya, Jumat (3/8).

Dari sisi teknisnya, satelit Merah Putih membawa 60 transponder aktif yang terdiri dari 24 transponder C-Band dan 12 transponder Extended C-Band yang akan melayani wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, serta 24 transponder C-Band yang akan menjangkau kawasan Asia Selatan. Satelit ini mengandalkan platform SSL 1300 dengan usia desain 16 tahun.

Pembangunan Satelit Merah Putih melibatkan 2 perusahaan Amerika Serikat, yakni SSL sebagai pabrikan pembuat satelit serta SpaceX sebagai perusahaan penyedia jasa peluncuran satelit. SSL adalah manufaktur satelit yang ternama dan berhasil menuntaskan pembangunan Satelit Merah Putih lebih cepat dari jadwal. Selanjutnya Satelit Merah Putih akan diluncurkan menuju slot orbitnya menggunakan Roket Falcon 9 milik SpaceX.

Saat ini, Satelit Merah Putih telah berada di dalam Fairing kendaraan peluncur Falcon 9, dan dalam waktu dekat akan memasuki proses rolling out dari lokasi penyimpanan ke SLC 40 tempat peluncuran dilaksanakan.

Menurut Rini, kehadiran Satelit Merah Putih merupakan sebuah kebanggaan dan pencapaian luar biasa untuk memperkuat posisi Indonesia dalam kancah dunia digital di tingkat internasional.

"Satelit ini tak hanya akan memancarkan sinyal ke Indonesia, tetapi juga kawasan Asia Selatan. Ini artinya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) makin kencang go internasional membawa nama Indonesia," ungkap dia.


Selain PT Telkom ternyata sudah ada 3 Perusahaan lainnya yang telah memiliki satelit sendiri.
3 perusahaan Indonesia yang punya satelit sendiri, seperti dikutip Merdeka.com dari berbagai sumber, berikut perusahaan Indonesia yang memiliki satelit sendiri:


1. Telkom 2
Satelit ini diluncurkan Telkom ke angkasa untuk menggantikan satelit Palapa B4. Satelit ini dibawa ke angkasa dengan menggunakan roket Ariane 5 dari Kourou di Guyana Prancis pada tanggal 16 November 2005. Kini masa orbitnya sudah habis dan sekarang digantikan oleh Telkom 3S yang baru diluncurkan pada 2017. Satelit Telkom 2 ini juga dimiliki oleh Telkom Indonesia yang fungsinya menyediakan layanan TV, telepon, dan Internet di wilayah Indonesia, Asia Tenggara dan Asia Selatan.

2. Indostar II
Satelit ini diluncurkan oleh PT Media Citra Indostar (MCI) yang mengelola dan mengoperasionalkan satelit Indovision. Satelit ini diluncurkan dengan menggunakan roket peluncur Proton Breeze milik Rusia dan lepas landas melalui Baikonur Cosmodome di Kazahkstan. Peluncuran satelit Indostar II ini telah berlangsung pada tanggal 16 Mei 2009.

Satelit Indostar II menggantikan Satelit Indostar I (Cakrawarta 1) sudah habis masa orbitnya pada tahun 2008. Satelit Indostar II adalah Boeing 601HP dibuat untuk PT Media Citra Nusantara (MCI) yang bekerja sama dengan pihak asing bernama Protostar. Satelit 601 yang terakhir ini dirancang di Pabrik Boeing Satellite System yang terletak di El-Segundo, California, Amerika Serikat. Investasi ini menelan biaya sebesar US$ 300 juta. Sebanyak 60 persen biaya investasi berasal dari uang perusahaan, sementara 40 persennya berasal dari pihak asing.

3. BRIsat
Bank Rakyat Indonesia memiliki satelit bernama BRIsat. Satelit ini dibuat oleh Space System/Loral (SSL) dan diluncurkan di pusat peluncuran Arianespace. Satelit tersebut ditaksir diluncurkan oleh roket Ariane 5 di Pusat Antariksa Guyana, Pelabuhan Angkasa Eropa pada tahun 2016. Satelit BRIsat mampu menjangkau wilayah Indonesia, ASEAN, Asia Timur termasuk sebagian Tiongkok, Laut Pasifik termasuk Hawaii dan Australia Barat.

Satelit dengan Transponder pita C sebesar 36X36 MHz dan Ku-band sebesar 9X72 MHz ini akan mengorbit di slot 150.5 Bujur Timur. Jalur Orbit tersebut sebelumnya diduduki oleh satelit Indosat yang sudah habis masa tugasnya, Palapa C2.

Baca Juga:
Canggihnya Roket Falcon 9 Spacex 
Penampakan Satelit Merah Putih Berbobot 5,8 Ton

Mobile ads:


Tag: Satelit Merah Putih, Satelit Merah Putih Siap Diluncurkan, Satelit Merah Putih milik Telkom, Satelit Merah Putih, Satelit,  Satelit Telkom,

Referensi:
https://www.merdeka.com/teknologi/ini-3-perusahaan-indonesia-yang-punya-satelit-sendiri/brisat.html
https://www.merdeka.com/teknologi/ini-3-perusahaan-indonesia-yang-punya-satelit-sendiri/indostar-ii.html

More Info: 



LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Info Promo