Langsung ke konten utama

Unggulan

Nama Burung Di Indonesia

Nama Burung Di Indonesia Alap-alap     Alap-alap australia     Alap-alap capung     Alap-alap coklat     Alap-alap erasia     Alap-alap kawah     Alap-alap layang     Alap-alap sapi     Alap-alap walet     Alap-alap macan Alpine     Alpine papua Angsa     Angsa boiga     Angsa hitam Angsa-batu     Angsa-batu christmas     Angsa-batu coklat     Angsa-batu kaki-merah     Angsa-batu topeng Angsa-kerdil     Angsa-kerdil hijau     Angsa-kerdil kapas Anis     Anis buru     Anis cacing     Anis geomalia     Anis gunung     Anis hutan     Anis kening     Anis merah     Anis nusa tenggara     Anis punggung-merah     Anis siberia     Anis sisik     Anis sulawesi Anis-bentet     Anis-bentet kecil     Anis-bentet kelabu     Anis-bentet sangihe Anis-papua     Anis-papua besar     Anis-papua kecil Anis-puyuh     Anis-puyuh ajax Apung     Apung tanah     Apung zaitun Asi     Asi besar     Asi dada-kelabu     Asi kumis     Asi t

Kenari Dapat Redam Stres

Kenari Dapat Redam Stres

shutterstock
Segenggam kenari setiap hari, dikonsumsi sebagai kudapan aman bagi gula darah. 

 Kacang kenari sebelumnya telah dikenal khasiatnya membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Namun tak hanya itu, kenari juga dapat membantu mengatasi stres dan menurunkan tekanan darah.

Penelitian terbaru yang dimuat Journal of the American College of Nutrition menunjukkan, mereka yang kadar kolesterol jahatnya ((LDL/low density lipoprotein) tinggi memiliki tekanan darahnya (tensi) lebih rendah dalam keadaan stres.  Hal itu terjadi karena melakukan diet kenari selama tiga minggu.

Dalam risetnya, tim peneliti meminta para peserta memberikan pidato selama tiga menit atau mencelupkan satu kaki dalam air dingin. Kedua jenis aktivitas itu dimaksudkan untuk memicu stres. Setelah dipantau, mereka yang mengonsumsi kenari ternyata tekanan darahnya lebih rendah.

"Ini penelitian pertama yang menunjukkan bahwa kenari mengurangi tekanan darah selama stres. Orang yang menunjukkan respon biologis berlebihan pada saat stres berisiko lebih tinggi mengidap penyakit jantung," kata Profesor Sheila West, peneliti  dari Penn State University.

West dan timnya menerapkan tiga pola makan kepada para responden. Kelompok pertama diberi diet tanpa kacang, kedua dengan kenari dan minyak kenari, sedangkan ketiga dengan kenari dan minyak biji rami.

Peneliti mengatakan, menambahkan minyak biji rami tidak memengaruhi tekanan darah, tetapi membantu menciptakan efek anti-peradangan dalam pembuluh darah. Ini bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Setelah menjalani setiap jenis diet, seluruh 22 responden diminta berbicara dan melakukan tes air dingin. Rata-rata tekanan diastolik, angka yang mewakili tekanan di dalam arteri-arteri ketika jantung istirahat (rileks) setelah kontraksi, menurun secara signifikan pada mereka yang pola makannya mengandung kenari dan minyak kenari.

"Hasil ini sejalan dengan beberapa penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa kenari dapat mengurangi kolesterol dan tekanan darah. Penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan darah juga berkurang saat seseorang mengalami stres dalam kehidupan mereka sehari-hari," tambah West.

Asam lemak omega-3, yang ditemukan dalam kenari, dikenal dapat membantu mengikis kolesterol jahat dan menurunkan risiko penyakit jantung.
Editor: Asep Candra   |   Sumber :daily mail 
Selasa, 5 Oktober 2010 | 09:29 WIB
LONDON, KOMPAS.com - 

 
Posting Kesehatan Lainnya:


Info Bisnis:
Mobile ads:




Komentar

Postingan Populer