Langsung ke konten utama

Unggulan

Jenis Sumber Energi Yang Dihasilkan Bumi

Ilustrasi sumber energi (www.iatekunsri.com) Kehidupan sehari hari kita sangat membutuhkan Enegi, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan, semuanya memerlukan energi untuk melakukan aktivitasnya. Selain mahluk hidup, berbagai kendaraan dan mesin juga membutuhkan Energi untuk membuatnya bergerak.  Energi yang digunakan oleh manusia, hewan, dan tumbuhan berasal dari berbagai makanan dan minuman yang dimakannya, sumber energi ini dikenal dengan sumber energi yang dapat diperbaharui. Sumber energi ini tidak menimbulkan polusi udara.  Sementara energi untuk mesin mesin yang digunakan berasal dari bahan bakar berupa bensin, solar, atau dapat juga berasal dari bahan bakar bentuk lainnya. Bahan bakar berupa Bensin dan solar itu sendiri diperoleh dari sumber energi tak terbaharui, yaitu sumber energi yang berasal dari fosil. Sumber energi yang berasal dari fosil ini,  merupakan sumber energi yang paling banyak digunakan oleh manusia.  Karena tidak dapat diperbaharui maka banyaknya penggunaan jenis

Mengapa Kilat Menyambar ? dan ada Guntur


Pernahkah kita melihat petir ketika hujan turun ? mengapa petir bisa terjadi ?
Ketika mengalami pemanasan dan pendinginan,atmosfir memuai dan mengerut menyebabkan perubahan dalam tekanan dan gerakan udara.Titik titik air didalam awan mempunyai muatan listrik positif di bagian puncak awan dan bermuatan listrik negatif dibagian bawah. Ketika muatan negatif  berada cukup dekat untuk menarik muatan positif di Bumi dibawah atau pada awan lain, energi listrik dilepaskan dalam loncatan kilat.


Loncatan kilat dapat juga diiringi suara keras disebut Guntur,pada saat yang sama.Suara ini terjadi karena udara udara dipanaskan sampai mencapai temperatur yang amat tinggi, dan suara ledakan terjadi ketika udara memuai tiba tiba. Akan tetapi,karena cahaya bergerak lebih cepat diudara ketimbang suara, maka kita melihat pancaran kilat terlebih dahulu sebelum mendengar suara guntur.


Komentar

Postingan Populer