Google Searching

Badai Tropis Dahlia

Badai Tropis Dahlia
Peta Lintasan siklon tropis Dahlia pada 29 Npvember 2017 pukul 19.00(BMKG)

Badai Dahlia terlahir mulai pukul 19.00 WIB, Rabu, 29 November 2017. Badai ini terlahir di saat aktivitas Badai Cempaka mulai luruh dan menjauh dari wilayah Indonesia. Badai Dahlia ini telah mengakibatkan berbagai kegiatan terhenti seperti penyebrangan kapal feri di pelabuhan Merak, kegiatan ini terhenti karena berada di daerah rawan yang sering terjadi angin kencang dan gelombang tinggi.

Badai Tropis Dahlia juga mempengaruhi kondisi gelombang laut, ketinggian gelombang bisa mencapai 4 meter hingga 6 meter khususnya terjadi di Perairan Pulau Enggano, Perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan,  Perairan Selatan Banten hingga Jawa Tengah, Samudra Hindia barat Lampung hingga selatan Jawa.

Siklon Tropis Dahlia, sebenarnya berpusat di Samudra Hindia, barat daya Banten. Akan tetapi, ia tetap berimbas hingga perairan Bengkulu dan menyebabkan hujan dengan intensitas tinggi, badai, dan ombak laut yang tinggi. Badai ini muncul di wilayah 470 km sebelah barat daya Bengkulu. Tepatnya di titik 8,2 derajat Lintang Selatan dan 10,8 derajat Bujur Timur.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Fatmawati Bengkulu, M Fajar Handoyo, menyebutkan bahwa siklon tropis Dahlia masih akan terjadi dalam dua hari ke depan dengan kekuatan yang terus melemah.

"Dalam dua hari ke depan, badai siklon Dahlia masih terjadi di Bengkulu dan Samudra Hindia, tetapi kekuatannya melemah lalu pecah," kata Fajar Handoyo, Kamis (30/11/2017).

Sesungguhnya, apa yang menyebabkan terjadinya siklon tropis Dahlia?

Baca; Badai Adalah
Inilah Penyebab Siklon Tropis Dahlia Menurut BMKG:

Fajar menyebutkan bahwa siklon tropis Dahlia terjadi di bawah garis ekuator wilayah selatan Indonesia. Matahari yang berada di belahan selatan menyebabkan tekanan rendah di sekitar Samudra Hindia.

"Tekanan rendah itu berbentuk memutar (siklonik). Kondisi ini juga ditambah dengan pasokan uap air sehingga menjadi sebuah badai. Karena posisinya di wilayah tropis, maka disebutlah siklon tropis," papar dia.

Sebelum Badai Dahlia, Badai siklon tropis Cempaka yang melanda wilayah Jawa dan Bali, telah menyebabkan bencana yang cukup besar di 28 kabupaten/kota selama 27-29 November 2017.

Badai Tropis Cempaka


Info ads:


Info Bisnis:






Mobile ads:





Komentar