Google Searching

Buah Krendang nama latinnya Carissa carandas L. (Apocynaceae).


Buah Krendang atau Carissa carandas L. (Apocynaceae).
Buah Krendang Masak Berwarna Hitam


Buah Krendang , Buah Renda atau disebut juga Buah Krenda sudah semakin jarang ditemui dikota kota besar. Tumbuhan ini banyak tumbuh di Pulau jawa dan Sumatra, dapat tumbuh di daerah panas maupun dataran tinggi yang sejuk. 

 Carissa carandas L. (Apocynaceae)
 Carissa carandas L. (Apocynaceae)  

Pohon Krendang memilik bentuk pohon dengan warna buah yang menarik, sehingga tumbuhan ini banyak ditanam di pekarangan rumah. Bungannya berwarna putih berbentuk payung muncul di ujung cabang dan ketiak daun, dengan benang sari melekat pada dasar bunga. Buahnya buni, lunak, Biji bulat pipih. Buahnya yang bergetah masih muda merah cerah jika sudah masak warna buah berubah menjadi ungu atau hitam berarti sudah sangat ranum, sehingga walaupun cukup banyak getahnya, namun rasanya cukup manis dan asam kurang begitu disukai.



Carissa carandas L. termasuk ke dalam suku Apocynaceae yang dikenal dengan nama Buah Samarinda atau Senggaritan. Di Medan dan sekitarnya, orang menyebutnya Buah Renda, sedangkan di Betawi sering disebut Buah Kerendang. Di beberapa tempat di Pulau Jawa disebut Buah Samarinda, sedangkan dalam Bahasa Inggeris dikenal dengan nama Christ’s Thorn, Bengal Currant, atau Natal Plum. Nama ilmiah Buah Renda / Kerendang adalah Carissa carandas L. (Apocynaceae). 

Buah Krendang atau sering disebut juga dengan nama Buah Samarinda memiliki khasiat obat, yaitu buahnya untuk obat sariawan dan obat demam, sedangkan akarnya untuk obat cacing. Kandungan dari tanaman ini adalah saponin, flavonoida, polifenol, dan alkaloid.

Lihat Lainnya:

Mobile ads:



 Tag:
 #Carissa carandas L., #Apocynaceae, #Buah Samarinda, #Senggaritan, #Buah Renda,#Buah Kerendang, #Buah Samarinda,#Christ’s Thorn, #Bengal Currant,#Natal Plum,#Carissa carandas L. (Apocynaceae)





Komentar