Google Searching

Panda Merah di Taman Safari Indonesia

Panda merah (ailurus fulgens)
Panda merah (Ailurus Fulgens)

Red panda atau Panda merah (ailurus fulgens), binatang ini juga merupakan hewan langka yang ada di Istana panda taman safari Indonesia. Bentuk tubuhnya jauh lebih kecil dengan Giant Panda atau panda raksasa. Dengan bobot tubuhnya hanya sekitar 10-15 kilogram, panda merah lebih bebas berlalu-lalang hingga memanjat dahan.

Panda Merah di Taman Safari Indonesia

Panda merah dengan nama ilmiahnya Ailurus fulgens adalah sejenis binatang menyusui di dalam ordo Carnivora. Panda Merah memiliki bulu tebal berwarna merah kecoklatan dan berkaki hitam. Bentuk mukanya bulat berwarna putih dengan garis merah kecoklatan dari mata ke mulutnya. Panda Merah memiliki buntut dengan panjang duabelas cincin merah dan coklat-muda berselang-seling. Tapak kakinya ditutupi oleh bulu berwarna putih, yang berguna untuk menjaga kehangatan tubuh serta untuk berjalan di atas permukaan salju atau es.

Panda Merah di Taman Safari Indonesia
Gambar Panda Merah di Taman Safari Indonesia

Species Panda merah termasuk dalam suku Procyonidae, karena kemiripannya dengan spesies hewan dalam keluarga rakun. Panda merah merupakan satu-satunya spesies di subsuku Ailurinae dan genus tunggal Ailurus. Area penyebaran panda merah adalah di Asia Tengah. Spesies ini ditemukan di hutan pegunungan Himalaya, Bhutan, Republik Rakyat Tiongkok, India, Laos, Myanmar dan Nepal.

Panda Merah di Istana Panda Taman Safari Indonesia
Panda Merah di Istana Panda Taman Safari Indonesia

Di siang hari, Panda merah tidur dan beristirahat di dahan pohon, Panda merah akan aktif pada waktu pagi dan senja.Walaupun memiliki sistem pencernaan hewan karnivora, panda merah memiliki kebiasaan seperti hewan herbivora. Makanan utama dari jenis panda ini adalah bambu, dan termasuk aneka buah, akar-akaran, rumput, beri dan tumbuh-tumbuhan lainnya. Untuk tambahan gizi, panda merah juga memakan telur, anak burung, serangga dan hewan-hewan kecil.

Panda merah jantan merupakan  hewan teritorial, mereka menandai daerahnya dengan menggesekan kantung hormon mereka di benda-benda yang terdapat di alam liar. Panda merah betina biasanya melahirkan dua ekor anak panda. Anak-anak panda ini buta waktu dilahirkan, dan mulai dapat melihat setelah berumur tiga minggu. Jantan dewasa panda merah tidak berperan dalam membesarkan anak panda.


Kingdom:     Animalia
Filum:     Chordata
Kelas:     Mammalia
Ordo:     Carnivora
Famili:     Ailuridae
Subfamili:     Ailurinae
Genus:     Ailurus
Cuvier, 1825
Spesies:     A. fulgens
Nama binomial :Ailurus fulgens


Lihat lainnya:



Info Bisnis:
Referensi:
https://id.pinterest.com/pin/69735494213813743/?lp=true
https://id.wikipedia.org/wiki/Panda_merah
https://travel.kompas.com/read/2017/11/05/170700627/tak-kalah-menggemaskan-ini-saudara-dekat-panda-raksasa-di-taman-safari

Komentar