Google Searching

AYAM Berdasarkan Ras

Ayam Bukan Ras
Ayam Bukan Ras

Ada juga istilah Ayam "bantam" adalah istilah bahasa Inggris untuk ayam katai atau setengah katai hasil seleksi. Hewan unggas Ayam berdasarkan ras dikenal dengan sebuatan ayam Ras dan bukan Ras (buras, atau kampung). Dalam pengertian "ayam ras" menurut istilah itu yang dimaksud sebenarnya adalah ras yang dikembangkan untuk usaha komersial massal, seperti Leghorn ("lehor").
Dalam kelompok ayam buras terdapat pula ras lokal ayam yang khas namun tidak dikembangkan untuk usaha komersial. Ayam-ayam ras lokal demikian sekarang mulai dikembangkan (dimurnikan) sebagai ayam sabung, ayam timangan (pet), atau untuk acara ritual. Berikut ini adalah ras lokal ayam di Nusantara yang telah dikembangkan untuk sifat/penampilan tertentu:

 Ayam Pelung, ayam ras lokal dan unggul dari Priangan (Kabupaten Cianjur) yang memiliki kokokan yang khas (panjang dan bernada unik), termasuk ayam hias.

Ayam Kedu (termasuk ayam cemani), ayam ras lokal dan mulia dari daerah Kedu dengan ciri khas warna hitam legam hingga moncong dan dagingnya, termasuk ayam pedaging dan ayam hias.

Ayam Nunukan, ayam ras lokal dan mulia dari Nunukan, Kaltim, dengan bentuk badan tegap dan ukuran besar, keturunan ayam aduan, termasuk ayam pedaging dan hias;

Terdapat pula beberapa istilah untuk menyebut penampilan fenotipe ayam khas tertentu namun sifat itu tidak selalu eksklusif milik ras tertentu, seperti

Ayam Walik (frizzle), ayam dengan bulu yang tidak menutupi badan tetapi tegak berdiri;

Ayam Bali, ayam dengan leher tidak berbulu dan jambul di kepalanya, sekarang mulai dibiak murnikan;

Ayam Katai (bantam), istilah umum untuk ayam dengan ukuran kecil (proporsi panjang kaki dengan ukuran badan lebih kecil daripada ayam "normal"), terdapat berbagai ras lokal dan ras murni seleksi yang masuk kategori ini. Ayam Katai dikenal juga dengan istilah Ayam Serama.

Ayam Ketawa, ayam (jantan) seleksi dengan suara kokok terputus-putus seperti orang tertawa, diduga pertama kali sengaja diseleksi di Sulawesi Selatan, tetapi sekarang telah tersebar di berbagai tempat.


Baca Juga:
Ayam Golden Pheasant Berwarna Gold
AYAM LEGHORN Petelur Unggul
Ayam Cemani
Klasifikasi Ilmiah Ayam Peliharaan
Ayam Jago (Gallus gallus domesticus)
Uniknya Ayam Mutiara (Guinea Fowl)
AYAM LEGHORN Petelur Unggul


Posting lainnya:
Buah Buahan Langka dan Khasiatnya
10 Tempat Pusat Budaya dan Kesenian di Jakarta
Budaya dan Adat Istiadat Nusantara
Resort Hotel Terindah wajib dikunjungi
Rumah Mini dari Stik Es Krim 
Tips Kesehatan
Bird of Paradise
Lampion Unik dan Cantik
Posting semua

Info Lainnya:


Info Bisnis:






Mobile ads:





Komentar