Langsung ke konten utama

Unggulan

Nama Burung Di Indonesia

Nama Burung Di Indonesia Alap-alap     Alap-alap australia     Alap-alap capung     Alap-alap coklat     Alap-alap erasia     Alap-alap kawah     Alap-alap layang     Alap-alap sapi     Alap-alap walet     Alap-alap macan Alpine     Alpine papua Angsa     Angsa boiga     Angsa hitam Angsa-batu     Angsa-batu christmas     Angsa-batu coklat     Angsa-batu kaki-merah     Angsa-batu topeng Angsa-kerdil     Angsa-kerdil hijau     Angsa-kerdil kapas Anis     Anis buru     Anis cacing     Anis geomalia     Anis gunung     Anis hutan     Anis kening     Anis merah     Anis nusa tenggara     Anis punggung-merah     Anis siberia     Anis sisik     Anis sulawesi Anis-bentet     Anis-bentet kecil     Anis-bentet kelabu     Anis-bentet sangihe Anis-papua     Anis-papua besar     Anis-papua kecil Anis-puyuh     Anis-puyuh ajax Apung     Apung tanah     Apung zaitun Asi     Asi besar     Asi dada-kelabu     Asi kumis     Asi t

Asem Manis Udang


asem-manis-udang

Makan siang dengan lauk olahan udang memang nikmat, salah satunya dari beberapa masakan dengan bahan dasar udang adalah Masakan asem manis Udang, woow lezat rasanya. 
Nah buat teman teman saya kasi oleh oleh nih berupa cara membuatnya. Silahkan disimak yah.

Resep membuat masakan Asem Manis Udang.

Bahan membuat Asem Manis Udang :
- 1 kg udang, aku pake udang gala yg besar atau bisa juga lobster bersihkan cuci lalu taruh dalam wadah loyang kemudian kukus sebentar udang. Aku kukus dalam wadah supaya air kaldu udang ngak kebuang atau bisa juga direbus lalu air kaldunya dipake tuk kuahnya. Kalau pake udang yg kecil langsung aja dimasak tanpa dikukus / direbus dahulu, masukkan udangnya saat kondisi bumbu mendidih.
- irisan daun bawang secukupnya.
- 1 biji bawang bombay diiris iris.
- 1 potong jeruk nipis.
- irisan kecil kecil lombok rawit ( optional ).
- 1 butir telur dikocok.
- 1 bks saos saori bungkus merah.
- 3 sdm kecap manis, 3 sdm saos tomat botolan, 3 sdm saos sambel botolan / takaran sesuai selera aja.
- 1 sdm minyak ikan botolan.
- 1/4 sdt merica bubuk.
- kaldu bubuk secukupnya.
- garem.
- gula.

Bumbu halus :

- 7 siung bawang putih.
- 5 siung bawang merah.
- 1 cm jahe.
- 5 biji kemiri.
- 3 biji lombok merah besar.
- 1 cm kunyit segar.
Blender halus bumbu lalu tumis sampe tanek tapi nggak gosong.

Cara buat Udang Asam Manis:

1. setelah bumbu halus ditumis sampe tanek lalu masukkan irisan bawanh bombay,
2. bila udah layu beri air kurang lebih 1/2 gelas belimbing, beri saos tomat atau saos sambel ABC botolan, kecap manis, saori, minyak ikan, minyak raja rasa, merica bubuk, kaldu bubuk, sedikit aja dulu garem, gula sedikit aja
3. bila rasa udah pas, masukkan udang beserta air kaldunya
4. dalam kondisi bumbu mendidih masukkan kocokan telur, aduk aduk, beri perasan jeruk nipis, irisan daun bawang, irisan cabe, masak sampe kuah agak nyemek nyemek lalu angkat.

Posting Lainnya:

Komentar

Postingan Populer