Info

Kamis, 25 Juni 2020

Bakteri Listeria Monocytogenes


Bakteri Listeria Monocytogenes
Bakteri Listeria Monocytogenes Gambar: https://asset.kompas.com

Bakteri Listeria Monocytogenes ini dapat menyebabkan infeksi dan penyakit listeriosis. Bakteri ini kurang populer dibanding dengan E. Coli atau Salmonella dalam kaitannya sebagai agen penyebab keracunan, namun dalam kurun waktu 10 tahun ke belakang Listeria menjadi salah satu organisme penyebab terjadinya kasus KLB keracunan pangan yang terjadi di dunia (NCBI / National Center for Biotechnology Information), tercatat sekitar 2600 kasus keracunan pangan per tahun yang disebabkan oleh Listeria. Bakteri Listeria monocytogenes merupakan salah satu agen penyebab “food-borne disease” yaitu penyakit yang muncul akibat masuknya mikroorganisme patogen ke dalam tubuh yang dihantarkan oleh makanan. 

Baca:

Bakteri Listeria monocytogenes merupakan salah satu bakteri yang tersebar luas di lingkungan pertanian baik di tanah, tanaman, silase, fekal, limbah, dan air.  Bakteri Listeria merupakan bakteri gram positif yang dapat tumbuh baik di tempat aerob (dengan adanya oksigen) maupun anaerob (tanpa adanya oksigen). Terdistribusi luas di lingkungan seperti tanah, air, dan di pakan ternak yang terbuat dari daun – daunan yang  difermentasi. 

Bakteri ini tidak membentuk spora, dan sangat kuat terhadap panas, asam dan garam serta tahan terhadap pembekuan sehingga masih dapat berduplikasi di suhu dingin seperti di lemari pendingin (suhu 4C - 10 C).
Karakter Bakteri Listeria Monocytogenes  ini adalah: 
- Tahan terhadap suhu dingin sehingga mempunyai potensi kontaminasi silang terhadap pangan lain yang siap dikonsumsi dalam penyimpanan; 
- Dapat dihilangkan melalui pemanasan suhu 75oC; 

Klasifikasi ilmiah Listeria Monocytogenes.
Kerajaan: Bacteria
Divisi: Firmicutes
Kelas: Basilli
Ordo: Bacillales
Famili: Listeriaseae
Genus: Listeria
Pirie 1940
Species
L. grayi
L. innocua
L. ivanovii
L. monocytogenes
L. seeligeri
L. welshimeri

Listeria adalah genus bakteria yang memiliki tujuh spesies. Nama Listeria berasal dari Joseph Lister, spesies Listeria basili Gram positif basilli dan dilambangkan oleh L. monocytogenes, penyebab dari Listeriosis. Listeria ivanovii adalah pathogen ruminant dan dapat menginfeksi tikus di laboratorium. Antibiotik efektif terhadap spesies Listeria termasuk Ampisillin, vankomisin, siprofloksasin, linezolid, azithromisin, dan kotrimoksazol.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Listeria
http://ik.pom.go.id/v2016/artikel/Mengenal%20Listeria%20Monocytogenes%20Sebagai%20Agen%20Penyebab%20Keracunan%20Pangan.pdf
http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20150127/2711851/mengenal-bakteri-listeria-monocytogenes/

Info:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info

Info Promo