Info

Kamis, 25 Juni 2020

Buah Kesemek atau Persimmon

Kesemek

Kesemek (Persimmon)
Buah Kesemek dengan kematangan penuh.


Buah Kesemek atau dikenal juga dengan sebutan buah Persimmon. Buah kesemek banyak tumbuh di area pulau Jawa. Buah kesemek termasuk jenis buah-buahan yang masuk ke dalam marga Diospyros,  memiliki nama ilmiah Diospyros kaki. 
Selain nama kesemek, buah ini banyak memiliki sebutan antara lain:  buah kaki, oriental persimmon, japanese persimmon, dan apel Jawa karena bentuknya yang mirip buah apel.

Warna buah kesemek saat masih muda berwarna hijau dan akan berubah menjadi oranye hingga kemerahan saat memasuki fase matang. 

Terdapat dua tipe buah kesemek, yaitu yang bisa dimakan langsung dalam keadaan segar dan yang tidak bisa dimakan langsung karena rasanya sangat sepat. 

Mengapa Buah Kesemek terasa Sepat?
Rasa sepat pada kesemek disebabkan kandungan tanin yang cukup tinggi, kadar tanin ini akan terus berkurang seiring dengan proses pematangan buah. Jika sudah masak buah Kesemek akan hilang rasa sepatnya.

Cara untuk mengatasi rasa sepat buah Kesemek:
Untuk menghilangkan rasa sepat buah kesemek, dengan cara direndam dalam larutan air kapur selama minimal 24 jam. Larutan air kapur inilah yang dapat menghilangkan serbuk putih yang menempel pada kulit buah kesemek. Stelah prooses direndam dengan air kapur tadi buah kesemek akan memiliki rasa manis yang nikmat.

More:

Info:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info

Info Promo