Google Searching

Cara Masaknya Yang Benar Agar Bakteri Listeria di Jamur Enoki Mati




Jamur Enoki Disebut Picu Wabah Listeria?


Jamur Tauge atau Jamur Jarum Emas merupakan nama lain dari Jamur Enoki yang saat ini di beritakan terkontaminasi bakteri  listeria monocytogenes.

Terkontaminasi Bakteri Listeria Monocytogenes bisa menyebabkan penyakit listeriosis yang mempunyai konsekuensi sakit hingga meninggal dunia, terutama pada golongan rentan, balita, ibu hamil, dan manula. 


Menurut ahli Gizi, jika dimasak dengan benar Bakteri Listeria di Jamur Enoki Mati. 

Berikut ini kutipan dari Kompas: 
Dokter Ahli Gizi Komunitas dan Magister Filsafat, Dr dr Tan Shot Yen, M.Hum menyebutkan langkah yang dilakukan oleh Kementan baik untuk mencegah wabah menularnya penyakit Listeria. “Ini lebih pada pencegahan wabah menularnya Listeria ke sumber pangan lain. Jadi itu tindakan preventif melindungi produk, ” tutur Tan kepada Kompas.com, Kamis (25/6/2020). Menurut ia, bakteri L. monocytogenes akan mati jika dimasak dengan benar. Yaitu dengan suhu mulai dari 75 derajat Celcius. “Sekitar 75-80 derajat Celcius sudah mati, apalagi jika dimasak sampai matang dengan suhu 100 derajat Celcius,” tambahnya. 

Tan menyebutkan bahwa pada dasarnya tidak semua makanan harus dimasak sampai matang, karena zat gizi terutama antioksidan akan hilang.

“Tapi mencegah infeksi penyakit yang ditularkan lewat makanan seperti Listeria ini memang membuat kita kembali ke PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat),” paparnya. Bakteri L. monocytogenes, lanjut Tan, tak hanya ditemukan pada jamur enoki. Bakteri ini sering ditemukan sebagai kontaminan pada makanan yang tidak dimasak atau dimakan begitu saja. Baca juga: Salad Kemasan Terkontaminasi Bakteri Listeria di AS “Antara lain seperti keju, produk susu, dan sosis,” tambahnya. Selain memasak dengan benar, Tan juga menyarankan untuk cuci tangan dan mencuci bahan makanan dengan seksama. “Bedanya kalau cuci tangan pakai sabun, cuci sayur dan buah cukup dengan air mengalir. Jangan lupa, bilas dengan air matang,” tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ahli Gizi: Bakteri Listeria di Jamur Enoki Mati Jika Masaknya Benar", https://www.kompas.com/sains/read/2020/06/25/130336623/ahli-gizi-bakteri-listeria-di-jamur-enoki-mati-jika-masaknya-benar?page=2.
Penulis : Sri Anindiati Nursastri, Editor : Sri Anindiati Nursastri

Info:

Komentar