Info

Senin, 01 Juni 2020

Singkong (Manihot utilissima)

singkong (Manihot utilissima)
Singkong (Manihot utilissima)

Singkong memiliki nama latin Manihot utilissima, atau dikenal juga dengan nama Ketela pohon, ubi kayu. Singkong adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.

Tumbuhan singkong termasuk tanaman Perdu, tinggi pohonnya bisa mencapai 7 meter, dengan cabang agak jarang. Memiliki bentuk Daun Bertulang Menjari, Memiliki Akar tunggang dengan sejumlah akar cabang yang kemudian membesar menjadi umbi akar yang dapat dimakan. Ukuran umbi rata-rata bergaris tengah 2–3 cm dan panjang 50–80 cm, tergantung dari klon/kultivar. Bagian dalam umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Umbi singkong tidak tahan simpan meskipun ditempatkan di lemari pendingin. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat meracun bagi manusia.

Umbi ketela pohon merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionina.

Klasifikasi Ilmiah Ketela pohon:
Manihot utilissima
Jenis buah: kapsul 
Taksonomi
Divisi: Tracheophyta
Upadivisi: Spermatophytina
Klad: angiosperms
Klad: mesangiosperms
Klad: eudicots
Klad: core eudicots
Klad:        superrosids
Klad:  rosids
Klad:  fabids
Ordo: Malpighiales
Famili: Euphorbiaceae
Genus: Manihot
Spesies: Manihot esculenta sunting

Pengolahan Singkong (Manihot utilissima):
Umbi singkong dapat dimakan mentah. Kandungan utamanya adalah pati dengan sedikit glukosa sehingga rasanya sedikit manis. Dari pati umbi ini dibuat tepung tapioka (kanji).
Pada keadaan tertentu, terutama bila teroksidasi, akan terbentuk glukosida racun yang selanjutnya membentuk asam sianida (HCN). Sianida ini akan memberikan rasa pahit. Umbi yang rasanya manis menghasilkan paling sedikit 20 mg HCN per kilogram umbi segar, dan 50 kali lebih banyak pada umbi yang rasanya pahit. Proses pemasakan dapat secara efektif menurunkan kadar racun.

Penggunaan Singkong dengan berbagai cara, singkong banyak digunakan pada berbagai macam masakan. Direbus untuk menggantikan kentang, dan pelengkap masakan. Tepung singkong dapat digunakan untuk mengganti tepung gandum, cocok untuk pengidap alergi gluten. Sedangkan bagian daunnya dibuat berbagai Macam Masakan Daun Singkong sebagai lauk pauk Nasi.
Sumber: Wikipedia

More:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info

Info Promo