Info

Kamis, 25 Juni 2020

Wabah Listeria apakah itu ?

Wabah Listeria apakah itu ?
Wabah Listeria apakah itu ?

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian melalui Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan mengumumkan baru saja memusnahkan Jamur Enoki  di dalam negeri karena terbukti berbahaya untuk dikonsumsi.

"Dua hari yang lalu kita telah memusnahkan jamur enoki, karena beberapa negara di Australia, Amerika dan beberapa negara lain, telah menginfokan bahwa jamur enoki mengandung listeria," ujar Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Ir. Yasid Taufik  MM dalam seminar webinar, Rabu (24/6/2020).

Listeria sendiri adalah penyakit yang disebabkan infeksi bakteri dan membuat makanan menjadi beracun. Meski tidak berbahaya bagi orang sehat, namun listeria bisa berdampak berat pada kesehatan orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah seperti lansia dan ibu hamil.

Baca juga:

Apa Itu Listeria?
Dilansir dari Medical News Today, Listeria adalah bakteri yang menyebabkan infeksi yang dosebut Listeriosis.

Ada 10 spesies Listeria yang berbeda, varian yang paling umum berdampak pada manusia adalah Bakteri Listeria Monocytogenes . Listeria bertanggung jawab atas sekitar 1.600 penyakit dan 260 kematian di Amerika Serikat setiap tahun, melebihi tingkat kematian Salmonella dan Clostridium botulinum. 
Tingkat infeksi ini tetap relatif stabil selama beberapa tahun terakhir. Biasanya disebabkan oleh makan makanan yang terkontaminasi, sekitar 20-30 persen kasus listeriosis berakibat fatal.

Referensi:
https://www.suara.com/health/2020/06/24/132852/terbukti-sebabkan-listeria-kementan-musnahkan-jamur-enoki-di-indonesia.
Info:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info

Info Promo