Info

Senin, 31 Agustus 2020

Manfaat Buah Belimbing

Manfaat Buah Belimbing

Manfaat Buah Belimbing

Belimbing yang memiliki nama latin Averrhoa carambola merupakan buah yang populer di iklim tropis.
Buah belimbing dikenal sebagai salah satu buah yang sering digunakan sebagai pengobatan ayurveda di India, Cina, dan Brazil.

Manfaat Buah Belimbing, melansir Buku The Miracle of Fruits (2013) oleh Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz., jumlah kalium dalam belimbing relatif banyak. Dalam 100 gram belimbing, terdapat kalium 130 mg. 

Sementara jumlah natrium dalam belimbing termasuk rendah, yakni hanya 4 mg per 100gram bahan. Kedua zat ini berperan untuk mengendalikan keseimbangan cairan tubuh. 

Karena tingginya kandungan kalium dan rendahnya kadar natrium, belimbing pun dianggap mampu mengurangi risiko stroke dan menurunkan tekanan darah tinggi. Kalium juga diperlukan untuk menormalkan irama jantung dan pengalihan oksigen menuju otak.  Banyak khasiat yang terdapat pada buah belimbing, apa sajakah manfaat dari buah belimbing bagi tubuh? 

Berikut ini rangkum informasinya dari berbagai sumber:

1. Mencegah kanker.
Kandungan flavonoid polifenol yang ada di buah belimbing telah teruji bisa mencegah penyakit kanker. 
Sebuah penelitian mengungkapkan, buah belimbing dapat membantu mencegah penyakit kanker. Kandungan flavonoid polifenol yang ditemukan di dalam buah ini mampu melawan efek mutagenik akibat radikal bebas dan membuangnya dari tubuh, sehingga terhindar dari risiko penyakit kronis. 

2. Meningkatkan kekebalan tubuh.
Satu buah belimbing dapat menyumbang 50 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

3. Menjaga stabilitas tekanan darah.
Buah belimbing aman dikonsumsi dan sangat baik untuk penderita hipertensi, karena dapat menurunkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi rutin dalam bentuk jus. Namun, untuk penderita penyakit ginjal tidak disarankan mengonsumsi buah ini karena dapat memberikan dampak buruk.

4. Menurunkan berat badan.
Buah belimbing minim kalori, dan memiliki kandungan serat yang banyak. Selain itu, jika bisa mengonsumsi belimbing secara rutin, kamu juga dapat mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh, sehingga bisa mempercepat penurunan berat badan.

5. Melancarkan pencernaan.
Belimbing kaya serat, Serat inilah yang dapat merangsang pergerakan sisa makanan di dalam perut sehingga dapat mudah dikeluarkan. Belimbing juga kaya serat, yang dapat membantu memudahkan ususu menyerap makanan dan membersihkan racun di dalam usus besar.

6. Menyembuhkan masalah kulit.
Kandungan antioksidan flavonoid selain dapat menangkal radikal bebas, juga dapat mengurangi risiko peradangan pada kulit. Selain itu, vitamin C di dalam belimbing juga dapat mengeluarkan racun dari tubuh, dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembab.

7. Menjaga stabilitas gula darah bagi penderita diabetes.
Buah belimbing aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, buah ini bagus untuk orang yang memiliki riwayat diabetes karena dapat mengontrol kadar gula darah dan mengurangi kolesterol.

8. Menjaga kulit dan rambut tetap sehat.
Buah Belimbing Kaya akan Vitamin C, Vitamin C yang cukup di dalam tubuh juga dapat memelihara kolagen dan protein penting yang ada pada rambut. 

9. Memelihara Jantung.
Belimbing juga berdampak baik untuk kesehatan jantung, karena kandungan di dalam belimbing dapat menyingkirkan plak dalam pembuluh darah sehingga dapat melancarkan peredaran darah pada organ tubuh, termasuk jantung.

10. Merangsang produksi ASI.
Manfaat buah belimbing pada ibu menyusui, Kandungan buah belimbing dapat merangsang produksi ASI dan melancarkan kelenjar susu yang tersumbat pada ibu muda. 

11. Meningkatkan kepadatan tulang dan gigi.
Buah belimbing memiliki kandungan zat besi, magnesium, fosfor, seng, dan juga kalsium. Kandungan  buah belimbing dapat menambah kepadatan tulang dan gigi. Sehingga buah ini cocok untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis dan radang sendi.

12. Efek penurun Kolesterol.
Konsumsi buah belimbing secara rutin, bisa meningkatkan pembuangan kolesterol, asam empedu dan lipid melalui kotoran. Sehingga kadar kolesterol dalam tubuh pun dapat terkurangi.

13. Mengobati sariawan.
Buah belimbing juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tentunya kita semua tahu bahwa vitamin C ini sangat berguna untuk mengobati sariawan. Jadi, jangan lupa konsumsi belimbing saat sariawan datang melanda.

14. Membantu proses penyembuhan.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun, akar, dan buah belimbing dapat dijadikan sebagai antioksidan yang berkhasiat untuk proses penyembuhan.

15. Anti-ulkus atau tukak.
Ekstrak daun dan buah belimbing memiliki kandungan terpenoid, flavonoid dan lendir. Lendir dalam buah belimbing inilah yang dapat melindungi lapisan lambung, sehingga membantu menghindari kerusakan akibat gastritis. Jika anda  memiliki riwayat penyakit maag, kamu bisa coba buah belimbing sebagai obat penyembuh. 


Baca juga:
Info:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info

Info Promo