Info

Sabtu, 01 Agustus 2020

Prakarya dan Kewirausahaan

Prakarya dan Kewirausahaan merupakan salah satu mata pelajara yang diajarkan di sekolah. Pelajaran ini bertujuan untuk menumbuhkan bakat wirausaha pada peserta didik sejak usia dini.

Pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan memuat tentang jenis usaha:
1. Wirausaha dari bahan Limbah
2. Wirausaha produk rekayasa sistem Teknik
3. Wirausaha Perikanan
4. Wirausaha kuliner atau makanan khas daerah

Disamping jenisjenis usaha yang dibahas juga tentang teknik dalam menjalankan usaha terdiri dari:

Perencanaan usaha
Perencanaan usaha adalah sebuah proses penentuan tujuan, visi, misi, strategi, prosedur, kebijakan serta program dan anggaran yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah usaha tertentu.
Membuat perencanaan usaha diharapkan agar bisnis yang akan Anda jalankan bisa berkembang dan meminimalisir kegagalan usaha. Baik itu untuk pelaku usaha kecil atau besar sekalipun.
Seorang wirausaha harus dapat melihat peluang yang ada di masyarakat, dimulai dari menganalisa sumber sumber peluang usaha secara luas. Persiapan yang dapat dilakukan dengan menganalisa peluang usaha sebagai berikut:
- Meneliti berapa luas usaha yang akan dipilih
- Bentuk usaha apa yang akan dipilih
- Jenis usaha apa yang akan ditekuni
- Informasi usaha yang diterima
- Ada atau tidaknya peta usaha yang menguntungkan.

Ada 6 tahapan perencanaan usaha yang harus dlakukan yaitu :
- Membuat tujuan usaha
- Menentukan target market
- Pemilihan bisnis yang sesuai
- Membuat prediksi kebutuhan pasar dan trend pasar
- Perhitungan modal dan kebutuhan belanja usaha
- Pembuatan rencana pemasaran

Jika bisa mengikuti langkah-langkah perencanaan usaha diatas, maka Anda bisa memaksimalkan potensi keberhasilan usaha. Usaha yang direncanakan dengan baik dan usaha yang hanya berjalan tanpa rencana tentu memiliki kualitas yang berbeda

Promosi usaha
Promosi adalah sebuah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Tujuan Promosi adalah menyebarkanluaskan informasi suatu produk kepada calon konsumen yang potensial. Untuk mendapatkan konsumen baru dan untuk menjaga loyalitas konsumen tersebut. Untuk menaikkan penjualan serta laba/keuntungan. Untuk membedakan dan mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk kompetitor.

Produksi
Produksi Adalah suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Kegiatan menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah bentuknya dinamakan produksi jasa. Wikipedia.
Teknik produksi yang dapat dipilih produsen untuk melakukan proses produksi adalah:
Proses Fabrikasi. 
Proses Ekstraktif.
Proses Sintesis. 
Proses Analitis.
Proses Assembling (Perakitan)

Perhitungan Biaya
Kalkulasi biaya penuh merupakan sebuah metode dalam penentuan harga pokok suatu produk dengan memperhitungkan segala macam biaya produksi, contohnya seperti biaya bahan baku langsung, tenaga kerja langsung dan juga biaya overhead variabel serta biaya overhead tetap. 
Cara menghitung Biaya Tetap Rata-rata / Average Fixed Cost (AFC) adalah dengan cara biaya total dibagi dengan jumlah produksi. Cara menghitung Variabel Rata-Rata / Average Variable Cost (AVC) adalah dengan cara membagi Biaya Variabel Total (TVC) dengan jumlah produksi.

Laporan Kegiatan Usaha
Laporan kegiatan usaha adalah laporan kegiatan yang berhubungan dengan setiap kejadian, lancar tidaknya kegiatan usaha, dan apakah ada kemajuan atau kemunduran terhadap usaha tersebut.
Dari sebuah laporan kegiatan usaha, seorang pimpinan perusahaan akan dapat mengetahui semua kejadian dalam perusahaannya dan dapat mengendalikan jalannya perusahaan dengan melihat laporan kegiatan usaha.

Pengertian dan Manfaat Laporan Kegiatan Usaha
Laporan kegiatan usaha dibuat dan disusun harus secara sistematis, cermat, dan logis.
Penyusunan laporan kegiatan usaha, merupakan penyampaian informasi tentang maju mundurnya pengelolaan usaha, sehingga melalui laporan kegiatan usaha akan tercipta komunikasi antara yang melaporkan dengan pihak yang diberi laporan.

Tujuan Penyusunan Laporan Kegiatan Usaha
Tujuan penyusunan laporan kegiatan usaha adalah untuk memberi keterangan tentang masalah kegiatan usaha sehingga dapat diketahui oleh pemimpin atau bagian yang menyusun laporan kegiatan usaha. Atau dapat kita simpulkan bahwa penyusunan laporan kegiatan usaha ialah untuk mengetahui:

- Posisi tenaga kerja
- Keuangan
- Peralatan
- Bahan baku
- Produksi
- Pemasaran
- Penjualan
- Pendistribusian
- Promosi
- Likuiditas
- Solvabilitas
- Rehabilitas usaha

Evaluasi Usaha
Evaluasi usaha adalah suatu aktivitas untuk melakukan analisis kinerja suatu usaha bisnis.Evaluasi usaha prinsip dasar utamanya adalah membandingkan rencana usaha yang telah dibuat sebelum kegiatan dimulai dengan apa yang telah dicapai pada akhir masa produksi.

Tujuan Evaluasi Usaha
Tujuan evaluasi usaha adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana tingkat keberhasilan pelaksanaan usaha, apakah usaha tersebut sudah berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan memberikan hasil seperti apa yang diharapkan.

Kegunaan Evaluasi Usaha
Kegunaan dari adanya evaluasi usaha yaitu:
- Untuk memperkecil resiko kegagalan investasi dan dapat memperbesar peluang keberhasilan investasi yang bersangkutan.
- Untuk memandu pemilik dana untuk dapat mengoptimalkan penggunaan dana yang dimiliki.

Tahap Tahap Evaluasi Usaha
Tahap-tahap evaluasi kelayakan usaha yaitu sebagai beirkut ini:
- Analisa Aspek Pasar yaitu untuk mengetahui berapa besar luas pasar, pertumbuhan permintaan dan pangsa pasar dri produk yang bersangkutan.
- Analisa Aspek Teknis yaitu untuk menentukan jenis teknologi yang paling sesuai dengan kebutuhan usaha yang sedang dikaji.
- Analisis Aspek finansial yaitu untuk mengetahui karakteristik finansial dari suatu perusahaan melalui data-data akuntansinya.

Cukup lengkap isi dari materi yang diajarkan pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan ini. Semoga dapat membuka wawasan kita. 





Info:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info

Info Promo