Google Searching

Buah Burahol Buah Langka Nan Unik Punya Nilai Filosofi

Gambar Buah Burahol, Buah Kepel,
Gambar Buah Burahol atau Buah Kepel


Buah Burahol atau dikenal juga dengan nama Buah Kepel, yang memiliki nama latin Stelechocarpus burahol.

Buah Burahol termasuk tumbuhan langka, dipercaya mempunyai nilai filosofi adhiluhung ini merupakan flora identitas provinsi Daerah Istimewa Jogyakarta. Burahol alias kepel dipercaya sebagai buah penyedap bau keringat putri keraton. Buah kepel digemari puteri kraton-kraton di Jawa karena dipercaya menyebabkan keringat beraroma wangi dan membuat air seni tidak berbau tajam.

Pohon Burahol atau Kepel ini di beberapa daerah di Indonesia dikenal juga sebagai buah dan pohon kecindul, cindul, simpol, burahol, dan turalak. Dalam bahasa Inggris tumbuhan langka ini dikenal sebagai Kepel Aple

Ciri ciri pohon Kepel

Pohon buah Burahol mempunyai tinggi hingga 25 m dengan diameter batang mencapai 40 cm. Pada kulit batangnya terdapat benjolan-benjolan. Benjolan-benjolan ini merupakan bekas tempat bunga dan buah karena bunga dan buah kepel memang muncul di batang pohon bukannya di pucuk ranting atau dahan.

Daun Kepel tunggal, lonjong meruncing dengan panjang antara 12 – 27 cm dan lebar 5 – 9 cm. Warna daun Kepel hijau gelap. Bunga berkelamin tunggal, harum. Bunga jantan terdapat pada batang bagian atas atau cabang yang tua bergerombol antara 8 sampai 16. Sedangkan bunga betina hanya terdapat pada batang bagian bawah.

Bentuk Buah Kepel

Buah Kepel tumbuh memenuhi batang pohonnya. Bentuk buah Kepel bulat lonjong dengan bagian pangkal agak meruncing. Warna buah Kepel coklat agak keabu-abuan, dan ketika sudah tua akan berubah menjadi coklat tua. Daging buah berwarna agak kekuningan sampai kecoklatan membungkus biji yang berukuran cukup besar. Rasa buah Kepel manis.

Habitat Pohon Kepel

Pohon Kepel atau Burahol tersebar di kawasan Asia Tenggara mulai dari Malaysia, Indonesia hingga Kepulauan Solomon bahkan Australia. Di Indonesia, terutama di Jawa, Pohon Kepel mulai jarang dan langka. Pohon Kepel dapat tumbuh di habitat yang berupa hutan sekunder yang terdapat di dataran rendah hingga ketinggian 600 mdpl.

Pohon Kepel dapat tumbuh dengan optimal pada kondisi tanah yang subur, berhumus, dan lembab. Pertumbuhan pohon kepel dapat memiliki batang besar dan tingginya dapat mencapai 20 meter. Pohon ini banyak ditemukan di Daerah Istimewa Yogyakarta, pohon kepel dominan tersebar di Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, dan Kota Yogyakarta.

Manfaat Buah Kepel

Berikut ini apa saja khasiat buah kepel bagi kesehatan tubuh yang bisa didapatkan dari situs Liputan6.com, Jumat (5/6/2020).

8 Khasiat Buah Kepel bagi Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

2. Agen Antioksidan

3. Mengatasi Asam Urat

4. Mengatasi Masalah Ginjal

5. Menjaga Fungsi Hati

6. Percepat Regenerasi Sel

7. Mencegah Kanker

8. Mencegah Bau Tubuh Tidak Sedap atau Deodorant

Klasifikasi Ilmiah

Klasifikasi ilmiah Buah Burahol atau Buah kepel

Kerajaan: Plantae

Filum: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Fabales

Famili: Annonaceae

Genus: Stelechocarpus

Spesies: Stelechocarpus burahol (Blume) Hook. & Thomson


# Buah-buahan, Buah Burahol Buah Langka Nan Unik Punya Nilai Filosofi 

Info:

Referensi:

http://pustaka.setjen.pertanian.go.id/index-berita/buah-kepel-stelechocarpus-burahol-kegemaran-putri-keraton

https://mekarsari.com/web/berita-event/buah-kepel-stelechocarpus-burahol-kegemaran-putri-keraton/

https://id.wikipedia.org/wiki/Kepel

Komentar