Google Searching

Teritip Gooseneck Pelagis

Atol di Taman Nasional Taka Bonerate

Pulau Tinabo Taman Nasional Taka Bonerate, Sulawesi Selatan.

Taman laut yang yang berada di Taman Nasional Taka Bonerate merupakan sebuah Atol yang memiliki Luas total dari atol ini 220.000 hektare dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km².  Sehingga Taman Nasional Taka Bonerate, mempunyai kawasan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di kepulauan Maladewa

Terdapat lima belas buah pulau di Taman Nasional Taka Bonerate sehingga sangat bagus untuk kegiatan menyelam, snorkeling, dan wisata bahari lainnya. Topografi kawasan sangat unik dan menarik, di mana atol yang terdiri dari gugusan pulau-pulau gosong karang dan rataan terumbu yang luas dan tenggelam, membentuk pulau-pulau dengan jumlah yang cukup banyak. Di antara pulau-pulau gosong karang, terdapat selat-selat sempit yang dalam dan terjal. Sedangkan pada bagian permukaan rataan terumbu, banyak terdapat kolam kecil yang dalam dan dikelilingi oleh terumbu karang. Pada saat air surut terendah, terlihat dengan jelas daratan kering dan diselingi genangan air yang membentuk kolam-kolam kecil.

Kawasan taman laut ini terletak di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Sejak Tahun 2005 Taman Nasional Taka Bonerate telah di calonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia. Dalam rangkaian Hari jadi Kepulauan Selayar di lokasi ini setiap tahunnya diadakan festival yang bertajuk Sail Taka Bonerate atau sebelumnya disebut Takabonerate Island Expedition (TIE).

Berikut ini beberapa obyek wisata yang dapat dikunjungi:

1.Pulau Lantigiang

Pantai Pulau Lantigiang

Pulau Lantigiang berada kira-kira sekitar 15 menit dari pulau Jinato. Pulau ini tidak didiami oleh masyarakat, memiliki pantai dengan pasirnya putih seperti tepung, airnya jernih dan asyik untuk bersnorkel, luasnya kira-kira 10 Hektar. Untuk mengelilingi pulau ini mungil ini hanya membutuhkan waktu 15- 30 menit. Tempat ini sangat cocok untuk berkemah dimana kalau sore kita bisa melihat sunset, malam akan melihat taburan bintang di angkasa, dan tentunya pagi kita akan melihat indahnya sunrise dan jika beruntung akan melihat sahabat laut kita Si Penyu bertelur.Jika pencinta olah raga underwater, tidak jauh dari pulau Lantigiang itu ada spot diving yang lumayan keren, yaitu Jinato Wall Paradise.

2. Pulau Tinabo

Pulau Tinabo merupakan pusat destinasi wisata bahari Taman Nasional Taka Bonerate. Pulau ini memiliki substrat pasir pantai berwarna putih dengan topografi daratan yang landai antara 0-2 meter dan vegetasi darat dominan berupa tanaman kelapa, santigi, ketapang, rumput-rumputan, dan perdu-perduan. 

Panorama bawah laut

Keindahan keanekaragaman bawah laut dan keindahan alamnya yang memukau, aktivitas utama yang dapat dilakukan pengunjung adalah diving, snorkeling, dan canoing. 

Pasir putih Pulau Tinabo

Selain itu, para pengunjung dapat menikmati indahnya sunrise dan sunset di pantai berpasir putih atau sekedar berjemur sambil memandang indahnya panorama alam sekitar. Fasilitas yang tersedia cukup memadai, mulai dari fasilitas penginapan, dive center yang cukup lengkap, serta fasilitas lainnya yang mendukung aktivitas wisata bahari.

Baby Shark di Pulai Tinabo

Pulau Tinabo juga kita bisa melihat “pasukan” anak Hiu jenis Black Tip yang mondar mandir di depan pantai Guest House setiap harinya.

Jika berminat berwisata ke Taman nasional ini, silahkan menghubungi: https://tntakabonerate.com


Taman Nasional Taka Bonerate, 

# Atol# Geografi# Atol# Geografi# Pantai# Wisata# Resort, # Wisata Bahari,

Referensi:

https://tntakabonerate.com/id/karakteristik-kawasan/

https://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Nasional_Taka_Bonerate

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2015/09/09/indahnya-taka-bonerate-taman-nasional-dengan-atol-terbesar-ketiga-di-dunia

https://www.liputan6.com/regional/read/3953429/selamat-pagi-tinabo-gugusan-pulau-di-taman-atol-terbesar-ketiga-di-dunia


 

Komentar