Google Searching

Info

Jumat, 19 Maret 2010

Sort

Sort adalah proses pengurutan data yang sebelumnya disusun secara acak sehingga menjadi tersusun secara teratur menurut suatu aturan tertentu.
Pada umumnya terdapat 2 jenis Sort/ pengurutan :
. Ascending (Naik)
. Descending (Turun)

Pengurutan Data Contohnya :
. Data Acak : 5 6 8 1 3 25 10
. Terurut Ascending : 1 3 5 6 8 10 25
. Terurut Descending : 25 10 8 6 5 3 1

Metode Sort/Pengurutan Data
Untuk melakukan proses pengurutan tersebut dapat digunakan berbagai macam cara /
metoda. Beberapa metoda diantaranya :
. Buble / Exchange Sort
. Selection Sort
. Insertion Sort
. Quick Sort

Bubble / Exchange Sort
Memindahkan elemen yang sekarang dengan elemen yang berikutnya, jika elemen sekarang Lebih besar( > ) dari elemen berikutnya, maka tukar Proses Pengurutan Data paling akhir dibandingkan dengan data di depannya, jika ternyata lebih kecil maka tukar. Dan pengecekan yang sama dilakukan terhadap data yang selanjutnya sampai dengan data yang paling awal.

Selection Sort
Membandingkan elemen yang sekarang dengan elemen yang berikutnya sampai dengan elemen yang terakhir. Jika ditemukan elemen lain yang lebih kecil dari elemen sekarang maka dicatat posisinya dan kemudian ditukar. Dan begitu seterusnya.

Insertion Sort
Pengurutan dilakukan dengan cara membandingkan data ke-1(dimana 1 dimulai dari data ke-2 sampai dengan data terakhir) dengan data berikutnya. Jika ditemukan data yang lebih kecil maka data tersebut disisipkan ke depan sesuai posisi yang seharusnya.

Quick Sort
Membandingkan suatu elemen (disebut pivot) dengan elemen yang lain dan menyusunnya sedemikian rupa sehingga elemen-elemen lain yang lebih kecil daripada pivot tersebut terletak di sebelah kirinya dan elemen-elemen lain yang lebih besar daripada pivot tersebut terletak di sebelah kanannya. Sehingga dengan demikian telah terbentuk dua sublist, yang terletak di sebelah kiri dan kanan dari pivot.Lalu pada sublist kiri dan sublist kanan kita anggap sebuah list baru dan kita kerjakan proses yang sama seperti sebelumnya. Demikian seterusnya sampai tidak terdapat sublist lagi.
Sehingga didalamnya telah terjadi proses Rekursif.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo