Google Searching

Kapal Induk Chakri Naruebet

Kapal Induk Chakri Naruebet
Kapal Induk Chakri Naruebet (Thailand) 

Chakri Naruebet yang dimiliki oleh pemerintah Thailand merupakan kapal induk terkecil yang beroperasi di dunia saat ini. Kapal induk ringan ini dibuat di Spanyol, dirancang berdasarkan desain kapal Principe de Asturias milik Angkatan Laut Spanyol, dan dibangun oleh galangan kapal Izar (sebelumnya EN Bazan), Spanyol. Kapal induk ini dipesan pada 1992, pembangunannya dimulai pada 12 Juli 1994, dan diluncurkan oleh Ratu Sirikit pada 20 Januari 1996. Biaya pembuatannya saat itu menabiskan 336 juta dollar AS.

Kapal Induk Chakri Naruebet

Uji coba laut dilakukan dari Oktober 1996 sampai Januari 1997, sebagian dengan koordinasi bersama Angkatan Laut Spanyol. Uji laut ini lalu disusul dengan uji coba penerbangan di Rota, Spanyol. Chakri Naruebet diserahterimakan dan resmi menjadi bagian dari RTN pada 27 Maret 1997.  Kapal ini tiba di perairan Thai pada awal Agustus 1997, dan secara resmi memulai tugasnya pada Royal Thai Navy pada 10 Agustus 1997, merupakan kapal induk pertama yang dioperasikan oleh sebuah negara dikawasan Asia Tenggara. Kapal induk ini diberi nama HTMS Chakri Naruebet,  dalam bahasa Thai memiliki arti “Demi Kehormatan Dinasti Chakri.” 

Kapal Induk Chakri Naruebet ini terdapat 62 perwira, 393 pelaut, dan 146 kru udara. Jika dibutuhkan, sebanyak 675 personel tambahan bisa diangkut,  mereka adalah prajurit dari Korps Marinir Kerajaan Thai (RTMC).

 Kapal Induk Chakri Naruebet

Kapal Induk Chakri Naruebet memiliki Panjangnya 164,1 meter antara garis tegak lurus, dan Panjang keseluruhan : 182,65 m dan memiliki lebar 22,5 meter di garis air, dengan lebar maksimum 30,5 meter, dan kedalaman 6,12 meter. Kapal Induk Chakri Naruebet ini memiliki bobot 11.486 ton pada beban penuh.  Dek penerbangan (flight deck) di kapal induk ini berukuran 174,6 x 27,5 meter. Ada sky-jump dengan kemiringan 12°, yang membantu pesawat V/STOL untuk lepas landas. Selain itu ada dua lift pesawat, yang masing-masing mampu mengangkat beban seberat 20 ton.

Kapal Induk Chakri Naruebet


Kapal induk ini memiliki kecepatan maksimum 25,5 knot (47,2 km/jam), walau ia hanya bisa mencapai 17,2 knot (31,9 km/jam) dengan mesin dieselnya saja. Jangkauan maksimumnya adalah 10.000 mil laut (19.000 km) dengan kecepatan konstan 12 knot (22 km/jam), dan 7.150 mil laut (13.240 km) pada kecepatan 16,5 knot (30,6 km/jam).

 Kapal Induk Chakri Naruebet

Kapal induk ini memiliki airwing sekitar 30 pesawat fixed-wing dan helikopter, termasuk AV-8S Matador pesawat serangan darat dan S-70B Seahawk, Sea King atau helikopter CH-47 Chinook untuk anti-kapal selam wearfare, utilitas dan misi transportasi. 

Chakri Naruebet ditenagai oleh gabungan sistem mesin diesel dan turbin gas (CODOG). Masing-masing dari dua propeler lima-bilah itu terhubung ke mesin diesel Bazan-MTU 16V1163 TB83, yang memberikan 5.600 HP (4.200 kW) dan digunakan untuk kecepatan jelajah.
Mesin satunya lagi adalah turbin gas General Electric LM2500, yang memberikan tenaga 22.125 HP (16.499 kW), dan digunakan untuk mencapai kecepatan puncak untuk periode pendek. Dua frigate Thailand kelas Naresuan yang dicanangkan untuk mengawal kapal induk ini juga menggunakan sistem CODOG.

Referensi:
http://satrioarismunandar6.blogspot.co.id/2015/04/chakri-naruebet-kapal-induk-thailand.html
http://www.seputarkapal.com/2016/06/kapal-induk-tercanggih-terbesar.html


Info Bisnis:
Mobile ads:




Komentar