Google Searching

Info

Rabu, 09 Januari 2013

Cara Hewan Berkembang Biak


Capung
 Capung

Berkembang biak adalah kemampuan yang dimiliki setiap mahluk hidup. Tujuan dari perkembang biakannya itu adalah  untuk melestarikan jenisnya. Cara Hewan berkembang biak memiliki berbagai cara.
 Berikut ini adalah cara hewan berkembang biak:

1. Membelah diri
 Hewan yang berkembang biak dengan cara membelah diri artinya dari satu menjadi dua. Perkembangan dengan cara ini terjadi pada hewan yang memiliki sel satu yaitu Amoeba dan Paramaecium.


2. Bertelur 
 Jenis hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur adalah jenis Burung, Ikan, Serangga, dan hewan amphibi.Telur atau Ovum dihasilkan oleh hewan betina, alat kelamin betina yang menghasilkan telur disebut ovarium ( indung telur). Telur telur tadi akan dibuahi oleh sperma dari hewan jantan. Alat kelamin hewan jantan yang menghasilkan sperma disebut testis. Sperma akan membuahi sel telur jika terjadi dalam perkawinan. Ada dua macam cara pembuahan terhadap telur yaitu:

a. Pembuahan didalam.
Pembuahan didalam Yaitu pembuahan yang terjadi pada saat  telur berada didalam tubuh hewan betina. Misalnya, pembuahan pada bangsa burung dan serangga.Telur burung akan menetas setelah dierami selama 21 hari.

b. Pembuahan diluar.
Pembuahan diluar Yaitu pembuahan yankg terjadi pada saat telur berada diluar tubuh hewan betina. Misalnya pembuahan pada Ikan dan katak. Cara berkembang biak dengan telur dinamakan Ovipar.


3. Melahirkan.
Hewan Mamalia pada umumnya berkembang biak dengan cara melahirkan.
Contoh Hewan hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan anaknya yaitu: Kerbau, Sapi, Kucing, Kijang, Anjing Harimau, Babi, Gajah,Tikus dll.
Telur hewan yang berkembang biak dengan melahirkan tidak di bungkus cangkang. Pada saat terjadi perkawinan, telur itu dibuahi oleh sel sperma hewan jantan didalam tubuh hewan betina.Telur yang sudah dibuahi oleh sperma akan berkembang menjadi calon anak ( Zigot) di dalam rahim. Setelah calon anak tumbuh sempurna, maka anak hewan itu akan dilahirkan.
Anak hewan yang telah dilahirkan akan disusui oleh induknya. Hewan yang menyusui anaknya dinamakan Mamalia. Ada mamalia yang hidup di air yaitu hewan Lumba lumba, Pesut, dan  Paus.
Cara berkembang biak dengan melahirkan disebut Vivipar.

4. Bertelur melahirkan.
Cara berkembang biak bertelur  melahirkan merupakan perpaduan antara bertelur dan melahirkan. Hewan betina mengeluarkan telur dari tubuhnya. Tetapi telur yang dikeluarkannya itu telah tumbuh menjadi calon anak hewan.
Beberapa hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan adalah beberapa jenis Ular, dan beberapa jenis Kadal. Cara berkemabang biak dengan cara seperti ini disebut Ovovivipar.


Ada beberapa hewan dalam pertumbuhannya mengalami tahap perubahan bentuk yang dinamakan Metamorfosis. Hewan hewan yang mengalami metamorfosis adalah : Kupu kupu,  Katak, Nyamuk, Lipas..

Dari: berbagai sumber.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo