Google Searching

Info

Sabtu, 02 Desember 2017

Badai Adalah

Penampakan Tornado
Penampakan Tornado foto: www.mediashower.com


Akhir akhir ini cuaca pada bulan November 2017 banyak terjadi angin besar dan hujan deras yang datang secara tiba tiba, banyak orang menyebutnya sebagai badai meski ada juag yang menyebutnya sebagai siklon Tropis. Untuk lebih jelasnya apa itu badai mari kita baca beberapa pengertian tentang badai dari berbagai ahli.

Menurut Wikipedia Badai adalah cuaca yang ekstrem, mulai dari hujan es dan badai salju sampai badai pasir dan debu. Beberapa sumber referensi menyebutkan Siklon  tropis  ialah  pusaran  atmosferik  kuat yang   terbentuk   diatas   lautan   tropis   yang   hangat (Kepert,   2010) dan   merupakan   tingkatan   paling dewasa  dalam  gangguan  tropis  (Saha,  2010). Terdapat berbagai macam badai, seperti badai hujan, badai guntur, dan badai salju.

Ada beberapa jenis Badai yang paling merusak adalah badai topan (hurricane), yang dikenal sebagai angin siklon (cyclone) di Samudera Hindia atau topan (typhoon) di Samudera Pasifik.



Siklon tropis terbentuk bukan mendadak tetapi dari berbagai faktor dan keadaan cuaca. Berikut ini tahapan dari terbentuknya Siklon  tropis yang terbentuk  dalam  beberapa  tahap:
Depresi  tropis,  badai  tropis,  dan hurricane (siklon tropis)  (NOAA,  2001).  Depresi  tropis  dicirikan  oleh kecepatan angin sebesar 20 knot dan terdapat 1 isobar tertutup. Pada badai tropis, kecepatan angin meningkat hingga   34-64   knot   dan   terdapat   beberapa   isobar tertutup.  Pada  siklon  tropis,  kecepatan  angin  lebih besar dari 64 knot (Tjasyono, 2004). Kekuatan Siklon tropis  dapat  diukur  oleh  Skala  Saffir-Simpson. 

Typhoon Haimi Philippines
Typhoon Haimi Philippines

Sebentulnya apa sih yang menjadi penyebab terjadinya badai atau siklon tropis ini ?.
Berikut ini ada referensi ahli penyebab Siklon Tropis atau sering disebut badai. Berdasarkan   penelitiannya,   Gray   (1975)   menetapkan  enam  parameter  utama  dalam  pembentukan siklon tropis, yaitu sebagai berikut: 
1. Vortisitas relatif di level rendah atmosfer.
2. Rotasi bumi (parameter Coriolis).
3. Geser  vertikal  angin  horizontal  antara  troposfer bawah dan atas.
4. Temperatur laut di atas 26°C.
5. Gradien   vertikal θe antara   permukaan   dan troposfer level tengah.
6. Kelembaban relatif di troposfer tengah.

Nah demikianlah apa itu badai dan pengertiannya, mudah mudahan dapat manambah wawasan kita tentang badai. 

Baca Badai Lainnya:
Badai Tropis Cempaka
Badai Adalah



Info ads:


LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo