Langsung ke konten utama

Unggulan

Nama Burung Di Indonesia

Nama Burung Di Indonesia Alap-alap     Alap-alap australia     Alap-alap capung     Alap-alap coklat     Alap-alap erasia     Alap-alap kawah     Alap-alap layang     Alap-alap sapi     Alap-alap walet     Alap-alap macan Alpine     Alpine papua Angsa     Angsa boiga     Angsa hitam Angsa-batu     Angsa-batu christmas     Angsa-batu coklat     Angsa-batu kaki-merah     Angsa-batu topeng Angsa-kerdil     Angsa-kerdil hijau     Angsa-kerdil kapas Anis     Anis buru     Anis cacing     Anis geomalia     Anis gunung     Anis hutan     Anis kening     Anis merah     Anis nusa tenggara     Anis punggung-merah     Anis siberia     Anis sisik     Anis sulawesi Anis-bentet     Anis-bentet kecil     Anis-bentet kelabu     Anis-bentet sangihe Anis-papua     Anis-papua besar     Anis-papua kecil Anis-puyuh     Anis-puyuh ajax Apung     Apung tanah     Apung zaitun Asi     Asi besar     Asi dada-kelabu     Asi kumis     Asi t

Konstruktor dalam JAVA

Berikut ini adalah hal hal yang harus kita perhatikan berkaitan dengan pembuatan konstruktor:

1.Konstruktor harus menggunakan nama yang sama dengan class.termasuk huruf besar dan kecilnya.
2.Dalam satu class bisa terdapat lebih dari satu konstruktor.
3.konstruktor akan dieksekusi setiap kli ada pembuatan objek.
4.Setiap class harus mempunyai paling tidak sebuah konstruktor.
5.Jika sudah mendeklarasikan konstruktor, maka konstruktor default tidak akan dibuat oleh kompiler Java.
Sebuah class memiliki beberapa konstruktor.Konstruktor yang dibuat lebih dari satu dibunakan untuk keperluan berikut:

1.Menentukan nilaiInstance variabel yang berbeda. Jadi, pada setiap konstruktor diinisialisasi variabel yang berbeda.

2.Melakukan tugas awal dengan menjalankan metode tertentu,seperti untuk melakukan penghitungan. Jadi, selama konstruktor dijalankan,akan dilakukan penghitungan.

Contoh deklarasi konstruktor

identifier_class([tipe identifier,tipe identifier,...]){
// inisialisasi variabel
// perhitungan awal

Pada contoh ini akan dibuat empat buah konstruktor yang berfungsi untuk membuat objek dengan tipe lingkaran.Class lingkaran diidentifikasi dengan kode berikut:

public class Lingkaran{
Float x,y,jari;
// konstruktor diletakan disini
}

Dibawah ini adalah contoh konstruktor yang dapat didefinisikan untuk class Lingkaran diatas.

1. Lingkaran dibuat dengan nilai default, jari jarinya = 1 dan berada di koordinat (0,0)

public Lingkaran (){

this jari = 1;
this x = 0;
this y = 0;
}


2. Konstruktor digunakan untuk membuat lingkaran dengan jari jari dan posisi yang kita tentukan sendiri.

public Lingkaran(float jari,float X,float y) {

this.jari=jari;
this.x=x;
this.y=y;

3. konstruktor digunakan untuk membuat lingkaran dengan jari jari default = 1, dengan posisi yang kita tentukan sendiri

public lingkaran(float x, float y){
this.jari=1;
this.x=x;
this.y=y;
}

4.Konstruktor digunakan ntuk membuat lingkaran dengan posisi default,yaitu di koordinat (0,0), namun jari jarinya kita tentukan sendiri.

public Lingkaran(float jari){
this.jari=jari;
this.x=x;
this.y=y;
}

dengan satu nama konstruktor, dapat dibuat objek lingkaran dengan jari jari dan posisi yang berbeda.

Komentar

Postingan Populer