Langsung ke konten utama

Unggulan

Jenis Sumber Energi Yang Dihasilkan Bumi

Ilustrasi sumber energi (www.iatekunsri.com) Kehidupan sehari hari kita sangat membutuhkan Enegi, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan, semuanya memerlukan energi untuk melakukan aktivitasnya. Selain mahluk hidup, berbagai kendaraan dan mesin juga membutuhkan Energi untuk membuatnya bergerak.  Energi yang digunakan oleh manusia, hewan, dan tumbuhan berasal dari berbagai makanan dan minuman yang dimakannya, sumber energi ini dikenal dengan sumber energi yang dapat diperbaharui. Sumber energi ini tidak menimbulkan polusi udara.  Sementara energi untuk mesin mesin yang digunakan berasal dari bahan bakar berupa bensin, solar, atau dapat juga berasal dari bahan bakar bentuk lainnya. Bahan bakar berupa Bensin dan solar itu sendiri diperoleh dari sumber energi tak terbaharui, yaitu sumber energi yang berasal dari fosil. Sumber energi yang berasal dari fosil ini,  merupakan sumber energi yang paling banyak digunakan oleh manusia.  Karena tidak dapat diperbaharui maka banyaknya penggunaan jenis

Kayu Manis Atasi Diare Hingga Kolesterol



 Kayu Manis Atasi Diare Hingga Kolesterol

Batangan kulit kayu beraroma wangi dan manis ini bermanfaat bagi kesehatan. Kayu manis tak sekadar penambah aroma dalam masakan sehari-hari. Batangan kulit kayu beraroma wangi dan manis ini bermanfaat bagi kesehatan. Mulai dari obat diare, penambah vitalitas, hingga penurun kolesterol.

Rempah yang memiliki nama latin Cinnamomum verum ini berasal dari Srilanka. Kemudian menyebar ke Mesir dan Cina pada 2000 tahun sebelum Masehi lewat jalan dagang. Kini, tanaman herbal ini juga tumbuh di India, Indonesia, Brazil, Vietnam, and Yunani.

Dalam pengobatan Cina tradisional, kayu manis digunakan sebagai bahan ramuan untuk menyembuhkan pilek, perut kembung, mual, diare, dan nyeri menstruasi. Kayu manis juga diyakini memiliki khasiat untuk meningkatkan energi, vitalitas, dan sirkulasi darah.

Sementara dalam ilmu pengobatan Ayurveda, kayu manis digunakan untuk mengobati diabetes, gangguan pencernaan, dan pilek. Berikut sejumlah manfaat lain dari kayu manis, seperti dikutip dari laman Times of India.
- Setengah sendok teh kayu manis per hari diyakini ampuh menurunkan kolesterol
- Kayu manis mampu menghentikan infeksi jamur yang resisten terhadap pengobatan
- Memiliki efek anti-pembekuan pada darah.
- Studi Universitas Kopenhagen membuktikan, konsumsi campuran setengah sendok teh bubuk kayu manis dan satu sendok makan madu setiap pagi sebelum sarapan selama seminggu membantu mengatasi nyeri arthritis.
- Aroma kayu manis meningkatkan fungsi otak.
- Kayu manis kaya kandungan serat, zat besi, dan kalsium.

Terlepas dari manfaat medis, kayu manis dimanfaatkan untuk penambah cita rasa pada minuman, seperti kopi, the atau cokelat hangat. Wangi dan rasa manisnya membuat perasaan lebih relaks dan nyaman. Tak heran, wangi kayu manis juga banyak dimanfaatkan untuk benda-benda perawatan tubuh seperi sabun, pelembab kulit dan juga minyak esensial aromaterapi.

• VIVAnews
Jum'at, 8 Oktober 2010, 15:23 WIB
Pipiet Tri Noorastuti

Komentar

Postingan Populer